Hubungkan Semua Perangkat Elektronik

Belakangan nama High-Definition Multimedia Interface (HDMI) kerap terdengar. Bahkan, nama ini tidak hanya hadir pada perangkat elektronik seperti televisi, notebook, atau DVD. Tapi kana HDMI saat ini juga terdapat di spesifikasi ponsel pintarnya. Salah satu vendor yang kerap memasukkan kata HDMI tersebut adalah Apple. Hampir semua perangkatnya, mendukung HDMI.
“HDMI adalah sebuah kabel HD untuk menghubungkan beberapa peralatan elektronik mulai dari home entertainment sampai komputer tetapi bedanya HDMI bisa menggantikan fungsi beberapa kabel sekaligus,” kata pemilik Rolland Handphone Malang Plasa, Andik Siswanto. Pada perangkat Apple, port untuk HDMI ini disesuaikan dengan port charger. Menggunakannya pun mudah, pengguna tinggal mencolokkan port pada charger ponsel, kemudian satu port lagi dihubungkan pada perangkat TV atau lainnya.
“Sehingga apa yang dilihat di ponsel juga tampil di TV,” katanya. Secara umum, penggunaan menyambungkan ponsel ke TV dengan kabel HDMI untuk keperluan menonton film, atau melihat foto. Tentunya, tayangan di televisi lebih jelas, termasuk audionya juga terdengar menggelegar.  HDMI sendiri, menurut Andik mendukung berbagai macam video format pada PC ataupun TV termasuk format standar dan high-definition video. HDMI juga mendukung sampai 8 channel digital audio, dan koneksi Consummer Electronics Controls (CEC).
“Lebih praktis, karena semua yang ada di atas bisa didapatkan dengan hanya dengan 1 kabel saja,” tegas dia.  Lantaran memiliki banyak kelebihan itulah kabel HDMI ini banyak diburu. Seperti HDMI milik Apple tersebut, Andik mengatakan hampir setiap hari perangkat tersebut laku dijual. “Ini HDMI 1.8 M. 1.8 M artinya adalah panjang kabel. Perangkat ini support dengan iPhone 4G, 4Gs, iPad 1, iPad 2, iPad 3, atau iPod touch. Untuk iPhone 3G atau 3Gs belum support,” tandasnya. (vik/mar)