Tampilan OS BB 10.2.1 Kian Menarik

BlackBerry (BB) secara resmi merilis update operating system (OS) 10 ke versi  10.2.1. Update software tersebut langsung mendapat respons, terutama para pengguna BlackBerry 10 seperti Z10, Q10 dan Q5. Mereka pun buru-buru mengupgrade OS BlackBerrynya menggunakan versi terbaru.  Secara tampilan, sebetulnya tidak banyak perubahan yang diberikan. Namun setelah ditelisik lebih ke dalam, OS BlackBerry versi 10.2.1 ini jauh lebih sempurna dibandingkan versi sebelumnya.
Salah satunya, OS BB 10.2.1 ini  mampu  menampung file APK  sistem operasional Android.  Artinya, dengan kemampuan menampung tersebut, perangkat ini juga mampu menjalankan berbagai aplikasi Android.  “Contoh game Hay Day. Game tersebut merupakan game yang tersedia pada perangkat berbasis Android. Namun dengan mampunya perangkat  BlackBerry Z10 ini menampung file APK nya, maka game tersebut sudah bisa dimainkan di BlackBerry Z10,’’ kata teknisi Glory Cellular Malang Plasa, Satria Abdullah.
Meskipun game tersebut dimainkan di perangkat  BlackBerry, gambarnya masih tetap bagus. Lantaran, umumnya perangkat BlackBerry Z10, Q10 dan Q5 telah dibekali dengan memory RAM 1 GB. “Kualitas gambarnya sudah baik, termasuk kinerja gamenya juga lumayan,’’ katanya. Sementara kelebihan lain pada OS BB 10.2.1 ini adalah pengaturan email yang lebih baik, kemampuan mengakses sebuah website saat pengguna sedang offline, membuat grouping contact pada SMS, BBM, maupun e-mail untuk memudahkan pengguna saat mengirimkan pesan ke kategori kontak tertentu.
Selain itu, pada OS terbaru ini, juga terdapat kemampuan IT Policy, yang mampu menonkatifkan beberapa aplikasi tertentu seperti kamera, saat pengguna memasuki area perusahaan.  Dan paling baru pada perangkat ini adalah hadirnya fitur Picture Password, yakni fitur password yang menyamakan letak angka dan gambar tertentu. Fitur password terbaru ini, menurut Satria merupakan password yang paling aman dari berbagai jenis password yang sudah ada seperti kombinasi angka maupun pattern. “Jika pengguna melakukan kesalahan saat membuka password hingga 10 kali, secara otomatis perangkat Blackberry tersebut akan ter-wipe,” tegasnya. (vik/mar)