Galaxy Mega 6.3 Bersaing di Teknologi MHL

Samsung Galaxy Mega 6.3 memang bukan produk baru di kelas smartphone. Perangkat ini dikenalkan Samsung sejak Agustus tahun lalu. Namun begitu, kehadirannya masih tetap diminati.  Marketing Oke Shop Mall Olympic Garden (MOG), Muhammad Ali Ridho menjelaskan, salah satu yang membuat perangkat ini banyak diminati karena sudah dilengkapi dengan TV output jenis Mobile High-Definition Link (MHL) A/V Link.  Dengan itu, pengguna bisa menampilkan gambar atau video pada layar TV atau monitor yang compatible.
“Adanya dukungan TV output jenis MHL A/V Link tersebut, pengguna tidak memerlukan lagi kabel HD, untuk menyambungkan ke TV. Tapi gambar dan suara yang keluar tidak kalah dengan sambungan kabel HDMI,” katanya. Ali, panggilannya, menjelaskan MHL merupakan media penghubung antara perangkat elektronik ponsel atau tablet ke set TV untuk melihat video yang sudah disimpan.  
Perangkat kerasnya berupa konektor yang berkemampuan mendukung pemindahan suara surround dan gambar berdefinisi tinggi (HD) antar perangkat seperti ponsel, tablet, TV HD, dan sebagainya. Konektor MHL juga mengisi daya perangkat yang terhubung. Ini adalah suatu standar industri untuk antarmuka audio atau video mobile yang memungkinkan konsumen untuk menghubungkan ponsel, tablet dan alat consumer elektronik portabel (CE) ke perangkat televisi definisi tinggi (HDTV) maupun perangkat penerima audio / HIFI.
“Sebetulnya, Galaxy Mega 6.3 bukanlah perangkat pertama yang mendukung sambungan ini. Seperti Samsung Galaxy S4, Sony Xperia Z,  atau beberapa smartphone lain juga sudah mendukung teknologi ini,” lanjut Ali.  Dia mengatakan dengan dukungan TV output jenis MHL A/V Link tersebut, pengguna tidak hanya bisa menonton film yang tersimpan di ponsel di layar TV, tapi juga bermain games, music player, browsing, menjalankan aplikasi dan juga untuk bekerja.
Selain didukung dengan TV output jenis MHL A/V Link tersebut, perangkat ini lebih diminati dibandingkan dengan kembarannya, Samsung Galaxy Mega 5.8 lantaran telah mendukung jaringan 4G LTE yang menawarkan akses internet lebih cepat dari 3G.  Adanya fitur WiFi hotspot, juga menjadi alasan perangkat ini lebih baik. Fitur tersebut bisa digunakan untuk mengakses internet via WiFi di area hotspot, bisa juga untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain yang memiliki WiFi.
Bluetooth versi 4 yang memiliki kemampuan transfer data lebih cepat dari versi sebelumnya namun dengan konsumsi daya yang hemat, serta fitur sambungan NFC yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara elekternik, juga tertanam pada perangkat ini. Sementara untuk spesifikasinya, ponsel ini memiliki layar lumayan jumbo dengan resolusi 720 x 1280 piksel dengan kerapatan piksel 233 ppi.
Layar tersebut menggunakan jenis layar sentuh kapasitif mendukung teknologi HD Super Clear LCD yang menawarkan gambar lebih tajam dan jernih. Ponsel ini dibekali dengan memory penyimpanan internal 8 GB. Sedangkan untuk kinerjanya, perangkat ini didukung dengan prosesor dual core dengan kecepatan 1,7 Ghz Qualcomm Snapdragon 400, GPU dengan Adreno 305, dengan RAM 1,5 GB. (vik/mar)