Spesifikasi Mumpuni, Body Tangguh

MALANG – Sony memang tidak ingin mengecewakan konsumen. Hal ini bisa dilihat dari salahs atu smartphone andalahnyya, Xperia Z1. Perangkat ini tidak hanya apik pada spesifikasi dan fitur, tapi juga didesain yang elegan juga kokoh.
Bahkan, dibandingkan seri sebelumnya desain perangkat ini terlihat lebih kuat. Salah satu alasannya adalah, Sony membalut perangkat ini dengan bahan tamper glass untuk bodi belakang. Bahan ini akan membuat fisik Xperia Z1 lebih tahan gores.
“Kerap kali konsumen mengeluh perangkatnya tergores, sehingga harus dilindungi dengan soft atau hard case. Dari situlah kemudian, Sony mengembangkan teknologi berupa tamper glass untuk melindungi bagian belakangnya dari berbagai goresan,’’ kata Promotor Sony, Ruli Handini.
Menurut Ruli, bagian belakang perangkat ini sama sekali tidak tergores, meskipun saat dimasukkan saku dan bersenggolan atau bergesekan dengan coin. “Ini kelebihan Xperia Z1, selain spesifikasi dan fiturnya yang apik, dia juga kokoh,’’ urai Ruli.
Sementara untuk bagian depannya, Ruli menjelaskan, meskipun masih mempertahankan desain minimalis bertajuk Omni-Balance, namun Sony tetap menghadirkan nuansa elegan. Mulai  dari adanya tulisan Sony di sisi atas yang ditemani kamera sekunder di sebelahnya.
Sedangkan User Interfacenya (UI), Sony tetap mempertahankan gaya lama. Pada perangkat seluas 5 inci ini, layar Xperia Z1 mampu menampung 20 icon menu. Layarnya sangat sensitive, sehingga pengguna tak kesulitan saat menggeser halaman pada layar. Pada posisi stand by, perangkat ini hanya menampilkan empat icon menu, sesuai dengan pilihan pengguna.
“Untuk tampilan menu saat stand by, pengguna bisa memilih mana yang paling sering dipakai, sehingga lebih cepat saat membukanya,’’ tambahnya.
Selain itu itu, yang membuat produk ini berbeda adalah speaker. Sony yang cukup paham dengan produk audio, pun menanamkan speaker di bagian bawah perangkat. Dengan begitu, suara yang keluar pun terdengar sangat jelas, alias tidak jembret.
“Speaker di bagian bawah dimaksudkan agar suara terdengar jelas, karena tidak terhalang apapun,’’ kata Ruli, yang tidak kalah penting adalah perangkat ini tahan air dan tahan debu.
Sementara  untuk spesifikasi secara umum, Ruli menjelaskan, perangkat ini memiliki dimensi 144 x 74 x 8,5 mm, dengan bobot 170 gram. Ponsel ini dibekali dengan 5 inci, 1920 x 1080 pixel, 441 ppi.  Layar tersebut mendukung  teknologi Triluminos display + Sony Mobile BRAVIA Engine 2. Perangkat ini dibekali dengan penyimpanan internal 16 GB, yang bisa diekspansi hingga 64 GB menggunakan SD Card. Sedangkan kameranya, perangkat ini mengusung lensa berkekuatan 20,7 megapixel, autofocus, LED flash, G Lens 1/2,3 sensor (utama) + 2 megapixel (sekunder).
“Untuk operating sistemnya sudah menjalankan OS Android 4.2 Jelly Bean. Ponsel ini dibekali dengan mesin dengan chipset Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800, prosesor Quad-core 2,2 GHz Krait 400 serta GPU Adreno 330,’’ Ruli dan mengatakan semua aktifitas perangkat tersebut didukung dengan baterai Li-ion berkapasitas 3000 mAh.(vik/fia)