Android Low End, Harga Minimalis

MALANG –  Bagi pecinta ponsel berbasis Android yang memiliki uang minim, Maxtron New 7A bisa menjadi pilihan. Itu karena ponsel dengan operating sistem Android 4.2 Jelly Bean ini hanya dibanderol dengan harga Rp 500 ribuan saja. Sesuai harganya, perangkat ini tidak banyak memiliki kelebihan, alias hadir dengan spesifikasi yang biasa. Daya tariknya justru ada pada kemasan.
Marketing Langgeng Jaya, Malang Plasa, Termin Wahyuni,  menjelaskan kemasan Maxtron New 7A ini, berbeda dengan kemasan produk Maxtron pada umumnya. Kemasan produk ini mirip dengan kemasan produk Samsung Galaxy, yang menggunakan kotak warna cokelat.  Pada bagian depan, terlihat jelas logo, serta di bagian tengahnya terlihat gambar ponsel. Sedangkan di bagian depan paling bawah terlihat seri ponsel.
Saat dibuka, bagian dalam kemasan terlihat sangat rapi.  Setiap properti, yang ada di dalamnya  sama sekali tidak terlihat berantakan, karena masing-masing dimasukkan ke dalam kotak, dan kotak tersebut ditata dengan rapi. Termasuk ponselnya, juga masuk dalam kotak.
“Di dalam kemasan ada beberapa kotak lagi, isinya ponsel, charger, baterai  dan earphone. Jadi kelihatannya lebih rapi,’’ kata Termin.
Sementara secara desain, Termin mengatakan Maxtron New 7A ini terlihat layaknya ponsel low end pada umumnya. Ponsel ini hadir dengan dua pilihan warna, hitam dan putih. Layar yang ditanam pun tidaklah besar, yaitu hanya seluas 3.5 inci HVGA dengan resolusi 320 x 480 piksel.
Jeroan ponsel pun sangat menyesuaikan dengan harga. Maxtron New 7A didukung prosesor dual core 1.2 GHz dengan RAM 256 MB. “Untuk game atau aplikasi standart mungkin bisa dijalankan dengan lancar, tapi kalau game kualitas besar jelas tidak mampu, apalagi perangkat ini juga hanya dibekali dengan memory internal 512 MB saja,’’ katanya.
Kesederhanaan Maxtron New 7A ini juga terlihat pada sisi kamera. Perangkat baru ini dibekali kamera sebesar 1.3 mega pixel. Sedangkan fitur lainnya ponsel ini sudah dilengkapi dengan Wi-Fi,  jaringan 2G, dan Bluetooth. Ponsel ini juga telah dibekali dengan beberapa aplikasi seperti Twitter, Facebook, serta BBM. “Ponsel ini hadir sebagai ponsel dengan mode dual SIM,’’ tandas Termin.(vik/fia)