Hadir dengan teknologi tahan air

MALANG – Para vendor kian serius menciptakan jam tangan pendukung gadget besutannya. Tidak terkecuali Sony. Pabrikan teknologi yang berbasis di Jepang ini kembali memamerkan produk jam tangan terbarunya, yaitu Sony SmartWatch 2. Perangkat ini jauh lebih unggul dibandingkan dengan penduhulunya yaitu Sony SmartWatch.
Sambungan Near Fields Notification (NFC) menjadi salah satu fitur unggulan perangkat ini. Fitur tersebut ditanam untuk memudahkan pengguna, dalam hal mengkoneksikan antara Sony SmartWatch dengan ponsel pintarnya. Fitur ini juga diklaim sangat irit daya, terbukti baterai yang tertanam pada Sony SmartWatch 2 ini mampu bertahan antara 3-4 hari.
“SmartWatch pertama hanya mampu bertahan antara 1-2 hari saja, tapi yang baru ini bisa bertahan hingga 3-4 hari. Dayanya lebih irit,’’ kata Karyawan Indocell, Noviyanti kepada Malang Post.
Novi mengatakan, selain koneksi NFC, profuk ini juga hadir dengan sertifikat IP57 sebagai bukti bahwa jam tangan pintar tersebut tahan air. “Pengguna yang hobi berenang tidak perlu melepaskan jam tangan, lantaran perangkat ini mampu bertahan di kedalaman air hingga 1 meter dengan waktu 30 menit,’’ tambahnya, sembari mengatakan teknologi tersebut mengadopsi teknologi pada ponsel Sony Xperia Z, atau Sony Xperia Z1.
Sementara untuk fisiknya, perangkat ini hadir dengan layar touchscreen seluas 1.6 inci. Layar yang ditanam mendukung resolusi 220 x176 piksel, dengan kecerahan layar yang luar biasa, dan pengguna bisa melihat layar perangkat meskipun berada di sinar matahari. Sedangkan bodynya, perangkat ini dibalut dengan body almunium dengan kualitas terbaik, sehingga secara fisik perangkat ini terlihat sangat elegan.  
Smart Watch ini juga memiliki user interface yang mirip dengan perangkat Android. Dia juga bekerja sangat intuitif, alias mampu sebagai jam tangan mandiri ketika koneksi ke perangkat tidak ada.
Yang paling baru pada perangkat ini dibandingkan perangkat sebelumnya adalah, SmartWatch 2 ini hadir dengan dukungan  menjawab telepon. Pengguna juga bisa membaca pesan, memeriksa update media sosial, ataupun mengambil foto.
“Pengguna juga bisa mengendalikan presentasi sekaligus memutar musik, dan menyesuaikan volumenya,’’kata Novi yang mengatakan perangkat ini bekerja dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.
Novi menambahkan, perangkat ini dibekali dengan teknologi remote. Dengan teknologi tersebut, pengguna bisa melacak segala aktifitas ponsel meskipun ponsel berada dalam saku ataupun tas. “Saat ada telepon masuk, selain getar jam tangan ini juga mengeluarkan nada dering. Termasuk saat ada pesan masuk. Sehingga sangat memudahkan pengguna,’’ tandas Novi yang mengatakan perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan.(vik/fia)