KPPU Keluarkan Restu, Merger XL-Axis Kian Lancar

MALANG – PT XL Axiata Tbk (XL) akhirnya merasa lega. Itu seiring dengan  Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) telah mengeluarkan persetujuan terhadap rencana akuisisi dan merger antara XL dan Axis Telecom Indonesia (AXIS). Dengan persetujuan tersebut maka kedepannya, akuisisi atau merger XL dan Axis ini akan berjalan lancar.
Seperti diketahui, akusisi atau merger XL sempat memiliki kendala. Sekalipun XL telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkoinfo) dan persetujuan pemegang saham XL melalui RUPSLB beberapa waktu, tapi faktanya merger belum bisa dilakukan. Lantaran, untuk proses merger ini wajib ada persetujuan dari KPPU.
“Kami (PT XL Axiata Tbk (XL), memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada KPPU yang telah memberikan persetujuan terhadap rencana akuisisi dan merger antara XL dengan Axis,’’ kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi dalam siaran persnya.
Hasnul menyebutkan, persetujuan dari KPPU merupakan momentum penting bagi proses konsolidasi industri telekomunikasi nasional. Dengan diperolehnya restu dari KPPU tersebut, menurut Hasnul, XL  telah memenuhi seluruh persyaratan dari Perjanjian Jual Beli Bersyarat (CSPA) yang terkait dengan regulator.
“Terwujudnya merger XL-AXIS akan memberikan manfaat dan keuntungan yang besar kepada pelanggan, serta menciptakan industri telekomunikasi yang akan semakin sehat,” tambah Hasnul.
Dia mengatakan, XL akan berkomunikasi secara rutin dengan KPPU untuk memastikan bahwa proses akuisisi dan merger XL-AXIS akan selalu tunduk dan patuh kepada peraturan yang berlaku, serta manfaat merger yang dijanjikan benar-benar dapat dinikmati pelanggan.
Sementara di Malang, merger antara XL dan Axis sudah terlihat sejak awal Desember lalu. Itu seiring dengan adanya komitmen dari kedua operator tersebut untuk membuka layanan satu atap. Layanan satu atap ini dibuka di XL Centre Jalan Letjen Sutoyo Malang.
“Sejak Desember lalu, kami sudah membuka layanan satu atap, dengan memberikan both khusus Axis disini. Dengan layanan satu atap ini, dipastikan pelanggan Axis bisa dapat terlayani dengan baik,” kata Promo Coordinator East Java 2, Adi Fitrian Yulianta kepada Malang Post kemarin.
Adi juga menjelaskan, sejak dibuka awal Desember lalu, cukup banyak pelanggan Axis yang datang. Sesuai data, ada sekitar 20-25 pelanggan setiap harinya. Rata-rata mereka yang datang, untuk mengganti kartu, isi pulsa atau konsultasi.
Senada customer service Axis, Dita Mahardika mengatakan, jika meskipun layanan menjadi satu atap dengan XL di XL Centre sama sekali tidak mengganggu pelanggan Axis. Para pelanggan tetap bisa dilayani dengan baik. Termasuk saat beberapa waktu lalu ada trouble jaringan RIM BlackBerry, pihak Axis tetap memberikan layanan maksimal.
“Tercatat ada 11 pengaduan dari pelanggan Axis yang datang untuk melakukan pengaduan terhadap ngadatnya layanan BlackBerry,’’ kata Dita. (vik/fia)