Kecepatan Internet Lebihi 10 mbps dengan WiFi Seamless

MALANG – Terus meningkatnya penggunaan layanan data untuk mengakses internet secara mobile, mendapat respon dari PT Telkom Indonesia. Tidak hanya menghadirkan layanan internet berbasis broadband, Telkom bekerja sama dengan Telkomsel juga menghadirkan mobile WiFi Seamless. Dengan layanan ini, Telkom menawarkan layanan internet dengan kecepatan yang luar biasa.
General Manager Wilayah Telkom (Witel) Jatim Selatan, Edwin Aristiawan, menjelaskan layanan WiFi Seamless ini diberikan kepada pelanggan yang memiliki hobi berselancar di dunia maya. Dimana pengguna tidak perlu meragukan tentang kecepatan saat mengakses data.
“Selama ini banyak sekali pengguna smartphone yang mengeluh dengan jaringan yang lemot. Tapi menggunakan WiFi Seamless ini pengguna tidak perlu mengeluh lagi, karena kecepatan yang kami tawarkan bisa lebih dari 10 mbps,’’ katanya.
Pria yang ditemui Malang Post saat peluncuran perdana LOOP di GraPARI Telkomsel beberapa waktu lalu ini mengatakan, layanan WiFi Seamless ini bekerja sama dengan Telkomsel. Untuk dapat menikmati layanan Mobile Wi-Fi Seamless Telkomsel, pelanggan harus melakukan setting pertama kali pada ponsel pintar (smartphone) dengan cara  mengaktifkan Wi-Fi dan memilih SSID flashzone-seamless, kemudian memilih EAP-SIM sebagai Enterprise sub-type.  Jika sudah berada di area Flash Zone Seamless, pelanggan yang sudah melakukan setting device akan langsung terkoneksi ke jaringan Wi-Fi tanpa perlu memasukkan userID dan password. Layanan data pelanggan akan secara otomatis beralih ke jaringan 2G/3G apabila pelanggan sudah tidak berada di area Flash Zone Seamless.
Edwin melanjutkan, dengan layanan ini pihaknya senantiasa berupaya untuk menghadirkan solusi akses layanan data berkecepatan tinggi dengan jangkauan yang lebih luas. WiFi Seamless ini merupakan salah satu wujud komitmen Telkom untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi seluler yang mampu menghadirkan pengalaman ber-internet yang lebih cepat di lokasi-lokasi yang menjadi pusat aktivitas masyarakat.
“Pelanggan yang telah berlangganan paket layanan data Telkomsel dapat menikmati layanan WiFi -Seamless  secara gratis menggunakan smartphone atau komputer tablet dengan teknologi yang mendukung,’’ kata Edwin.
Sementara itu untuk melengkapi layanan tersebut, Edwin mengatakan saat ini pihaknya sudah memasang lebih dari 1800  akses point (AP) WiFi ID se Malang Raya. Jumlah tersebut akan terus bertambah. “Kami tetap mengutamakan sekolah-sekolah dan kampus untuk pemasangan akses point WiFi ID ini. Saat ini sudah terpasang lebih dari 1800 AP, jumlahnya akan terus bertambah,’’ katanya.
Seperti yang pernah diberitakan, WiFi ID merupakan salah satu program persembahan PT Telkom Indonesia kepada masyarakat untuk mewujudkan Indonesia Digital Sosiety (Indiso). Melalui program ini, PT Telkom, Witel Jatim Selatan mentargetkan 15 ribu AP WiFi ID terpasang di Malang Raya.
Edwin menuturkan, program ini rencananya akan selesai pada 2015 mendatang dengan titik-titk fokus di area pendidikan dan sentra ekonomi masyarakat. “Tempat-tempat pendidikan yang tetap prioritas untuk pemasangan AP WiFi ID. Karena salah satu misi kami dari program ini tak lain untuk memajukan dunia pendidikan. Selain itu juga bidang ekonomi. Kami berharap dengan WiFi ID ini, masyarakat tidak lagi buta akan internet, tapi mereka bisa membuka jendela dunia meskipun berada di dalam rumah,’’ tandasnya.(vik/fia)