iOS 7.1 Dilengkapi CarPlay

MALANG – Apple terus melakukan pembaruan untuk operating sistem perangkat besutannya. Terbukti, setelah resmi merilis iOS 7.06, Minggu (10/3) kemarin, perusahaan asal California ini kembali merilis iOS terbarunya yaitu 7.1. Meskipun secara interface tidak banyak memiliki perubahan, namun Apple mengklaim dengan sistem operasi baru ini mampu membuat performa iPhone jadul melaju lebih kencang.
Teknisi Rolland Handphone Satria Abdullah menjelaskan, iPhone yang kompatible dengan iOS 7.1 ini adalah iPhone 4 dan seterusnya. Sebelumnya iPhone 4 dibekali dengan iOS 6.1.3. Namun begitu saat melakukan upgrade iOS 7, perangkat ini berjalan cukup lambat.
“Banyak pengguna iPhone 4 yang mengeluhkan tentang lambatnya performa perangkat setelah melakukan upgrade iOS 7. Namun kelambatan tersebut tidak akan ditemui setelah melakukan upgrade iOS 7.1,’’ kata Satria.
Salah satu penyebab kelambatan performa tersebut tak lain adanya beberapa fitur baru di iOS 7. Fitur yang disematkan Apple pada iOS 7, membuat kinerja sistem iOS 7 kurang berjalan dengan lancar. Salah satu fitur tersebut adalah Safari.
Safari yang diterapkan pada iOS 7 menggunakan gaya baru, dimana Apple membuat penggabungan antara kolom pencarian dengan URL di tempat yang sama. Dan tampilan vertikal yang menyajikan semua tab dari atas ke bawah yang tidak dibatasi.
Fitur kedua, adalah AirDrop. Layanan sharing ini cukup memberatkan kinerja iPhone 4, yang memiliki keterlambatan dalam pengoperasian sistem tersebut. “AirDrop merupakan layanan file sharing peer to peer yang menciptakan jaringan ad hoc lokal antara pengguna yang saling berdekatan. Dengan fitur AirDrop, perangkat iOS 7 akan mendeteksi perangkat-perangkat lain yang juga menggunakan iOS 7, dan menampilkan wajah masing-masing pengguna. Ini cukup memberatkan kinerja sistem iPhone 4,’’ katanya.
Selain itu, pada iOS 7, Apple juga mulai memasukkan fitur multitasking. Fitur yang sebelumnya ditanam pada perangkat Android ini dapat diterapkan pada iOS 7. Namun begitu, karena teknologi di dalamnya belum sempurna, fitur tersebut cukup memaksa kinerja iPhone 4.
Namun begitu, pada iOS 7.1 ini, fitur-fitur tersebut tetap ada. Hanya saja, Apple telah melakukan penyempurnaan pada sistem, dan pengoperasiannya. Sehingga kehadiran fitur-fitur baru tersebut sama sekali tidak mengganggu kinerjan dari iPhone 4.
“Apple banyak melakukan penyempurnaan pada sistem, sehingga secara performa iOS 7.1 ini terlihat lebih smooth, dan kinerjanya sangat ringan,’’ urainya.
Alumni STIKI Malang ini juga mengatakan selain melakukan penyempurnaan, Apple juga memunculkan fitur baru pada iOS barunya itu. Diantarannya adalah, aplikasi CarPlay. Aplikasi ini sangat berguna bagi pengguna iDevice saat mengemudikan mobil. Itu karena menggunakan aplikasi ini pengguna iDevice bisa mengkoneksikan perangkat pada layar yang tersedia di mobil. ”Pengoperasiannya cukup mudah, yaitu dengan hanya menghubungkan kabel charger lighting saja. Maka secara otomatis akan menampilkan segala informasi di layar.
Pengemudi dapat mengatur semua aktivitas dengan menggunakan Siri (perintah suara), atau bisa juga langsung menggunakan layar sentuh di layarnya,” kata pria asal Blitar ini.
Namun begitu, karena ini merupakan fitur baru, Satria mengatakan belum banyak mobil yang mendukung aplikasi ini. “Kemarin saya baca di media online mobil yang support baru Ferrari, Mercedes Benz, dan Volvo sementara untuk tipe lama belum,’’ katanya lagi.
Sementara untuk perubahan tampilan, pria yang mengaku tinggal di wilayah Kecamatan Klojen ini mengatakan adalah tweak. Apple berusaha untuk menampilkan interface yang eye catching pada  iOS7.1 ini.  Yaitu saat hadirnya pilihan logo tombol accept dan decline. Pada versi sebelumnya, Apple memberikan pilihan Answer dan Decline. Tampilannya juga lebih bersih. Dan pengguna juga bisa mengubah posisi keyboard ke mode yang lain, seperti Darken Colors. Sehingga akan jauh lebih gelap dan mengurangi rasa tembus pandang.
“iOS 7 ini sudah tersedia di semua iDevice yang kompatible. Namun hati-hati saat melakukan update, pengguna memerlukan jaringan yang kuat,’’ tandasnya.(vik/fia)