Tongsis, Foto Selfie Makin Mudah

MALANG – Tongkat Narsis (Tongsis) adalah perangkat yang akhir-akhir ini tren dibicarakan. Itu seiring dengan maraknya foto selfie. Dikalangan penggila foto, Tongsis merupakan alat yang harus dimiliki, lantaran mereka mendapatkan kemudahan saat mengambil gambar diri sendiri. Penggunanya cukup memanjangkan tongkat sesuai keinginan, mengeset waktu pada kamera, obyek diri sendiri pun langsung dapat dijepret.
Menariknya, saat ini tongkat narsis tersebut tidak hanya untuk produk kamera profesional, tapi juga kamera seluler. “Secara fisik sebetulnya tidak ada perbedaan mencolok antara Tongsis untuk kamera profesional dengan kamera ponsel. Hanya bagian ujungnya saja, Tongsis untuk kamera profesional dilengkapi dengan mur sebagai pengait Tongsis dengan kamera,” kata karyawan Pantai Photo Malang Town Square (Matos), Mega Arum.
Fenomena Tongsis ini, kali pertama marak tak lain dari peran ibu negara, Ani Yudhoyono. Saat itu, istri Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono mengunggah foto pribadinya, yang diambil menggunakan kamera ponsel  dengan bantuan Tongsis di akun instagram. Alat itupun kemudian menjadi populer. Banyak pengguna foto yang kemudian membeli alat berwujud monopod tersebut.
Namun begitu, Arum begitu Mega Arum biasa dipanggil mengatakan, Tongsis ini sendiri sudah ada sejak lama. Aksesori tersebut kerap digunakan di kamera GoPro modifikasi. Namun, belakangan ini Tongsis marak diperbincangkan dan barangnya laku keras di pasaran. “Stok Tongsis untuk perangkat seluler habis. Sekarang masih inden di Jakarta. Yang masih tersisa Tongsis untuk kamera pocket,” terangnya.
Dia menjelaskan, Tongsis untuk kamera poket ataupun kamera device harganya sama yaitu Rp 150.000. “Dengan menggunakan Tongsis, penggunanya bisa menjepret foto dengan gaya sepuasnya, tanpa perlu ragu maupun malu. Kalau mau mengambil gambar dengan background pemandangan luas, tidak perlu lagi minta tolong orang. Cukup dengan Tongsis ini,” tandasnya. (vik/mar)