Nokia Getol Luncurkan Phablet Enam Inci

MALANG –  Nokia kian getol meluncurkan phone tablet (phablet). Dua produknya yang terbaru, yakni Nokia Lumia 1520 dan Lumia 1320, sama-sama mengusung layar seluas enam inci. Tetapi meski layar yang diusung sama, spesifikasi yang dimiliki keduanya berbeda. Customer Service Erafone Mall Olympic Garden (MOG),  Agusti Dewi menjelaskan Nokia Lumia 1520 mengusung layar jenis In Plane Switching (IPS) LCD beresolusi 1080 x 1920 piksel.
“Kepadatan warnanya mencapai 367 ppi yang dilengkapi dengan Gorilla Glass 2 serta layar berteknologi Clear Black Display yang dikembangkan oleh Nokia,” terangnya.  Dia menambahkan, Clear Black Display merupakan teknologi layar yang memiliki tiga lapisan, sehingga memberikan kenyamanan saat penggunanya menatap layar meskipun di bawah terik sinar matahari.
Dini, sapaannya menambahkan perangkat itu memiliki  tenaga yang luar biasa saat digunakan berselancar internet.  Salah satu alasannya adalah Lumia 1520 telah didukung teknologi LTE, selain jaringan 3G HSDPA dan GSM 850/900/1800/1900. Sedangkan untuk dapur pacunya, dibekali dengan Chipset Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800, dengan prosesor Quad-Core, yang memiliki kecepatan  2.2 GHz dan RAM 2 GB.
“Prosesor tersebut mampu menjalankan berbagai aplikasi baik kelas ringan maupun kelas berat. Selain itu mampu menampilkan multitasking secara utuh, dengan lancar,” ungkapnya. Di bagian kamera, Nokia berharga Rp 9 jutaan ini masih tetap mempercayakannya dengan lensa milik Carl Zeiss. Kamera utama berkekuatan 20 megapiksel sedangkan kamera kedua yang berada di depan 1,2 megapiksel.
Sedangkan Lumia 1320, hadir dengan layar jenis IPS namun dengan resolusi berbeda. “Hanya 720 x 1280 piksel. Sehingga sudah tentu secara interface, Lumia 1520 lebih tajam dibandingkan  dengan Lumia 1320 ini,” tegasnya. Lebih rendahnya resolusi ini, tak lain dipengaruhi oleh kinerja prosesor Qualcomm Snapdragon S4, Dual-Core  dengan kecepatan masing-masing 1.7 GHz dan RAM 1 GB. “Jenis prosesor yang ditanam mirip dengan milik Samsung Galaxy S4,” tambah Dini.
Selain prosesor, kamera yang ditanam pun jauh berbeda. Itu karena perangkat ini hanya dibekali dengan lensa berkekuatan 8 megapiksel untuk kamera utamanya dan VGA untuk kamera keduanya di depan. “Meskipun sama-sama menggunakan lensa Carl Zeiss, jelas hasilnya berbeda, karena resolusinya juga berbeda,” papar dia.  Meskipun secara umum spesifikasi jauh dibawah Lumia 1520, tapi sudah support dengan High-Definition Multimedia Interface (HDMI). (vik/mar)