Unduh SquareIt, Resolusi Foto Tetap Besar

MALANG – Instagram merupakan aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan menrapkan filter digital dan membagikannya ke berbagai latanan jejaring sosial, termasuk di Instagram sendiri.  Keberadaannya pun langsung mendorong para pecinta fotografi, dan berlomba untuk memasang aplikasi ini pada perangkatnya. Tentu saja, mereka ingin memamerkan hasil foto bidikannya baik itu foto pemandangan alam, foto diri sendiri atau foto-foto lain kepada public.
Namun begitu, banyak pengguna Instagram bertanya-tanya, lantaran foto yang diunggah memiliki ukuran lebih kecil. Seperti diketahui, Instagram mengusung fitur memotong foto menjadi bentuk persegi, dengan rasio  4:3. Tentu saja, rasio tersebut cukup mengecewakan, terutama mereka yang ingin mengunggah foto landscape, tidak bisa menampilkan gambar penuh, lantaran harus terpotong.
Belum lagi, banyak para pengguna akun ini yang mengeluhkan hasil foto yang diunggah pecah. Terlebih saat gambar diperbesar, hasilnya sangat kasar, alias kabur.  Kondisi inilah kemudian membuat para penghobi foto memberikan berbagai tips. Dheo Widyuta, salah satu pengguna akun Instagram membagi tips mengunggah foto di Instagram agar tampil penuh, tidak terpotong, dan gambarnya tetap tajam.
Pertama adalah pengguna harus melakukan editing pada foto yang akan diunggah. Editing foto bisa dilakukan melalui ponsel, ataupun melalui personal computer (PC). “Untuk bisa mengunggah pertama adalah mengurangi resolusi foto. Kamera foto dengan resolusi besar akan menghasilkan gambar dengan resolusi besar juga. Disinilah pentingnya editing. Untuk ukuran standar, biasanya resolusi langsung dikurangi 612 x 580 piksel, tergantung foto yang mau diunggah,” kata promotor Telkomsel ini.
Ukuran tersebut memang tidak paten, namun setidaknya saat dirinya menggunggah foto model landscape, pria yang menggunakan ponsel Samsung Galaxy Mega 5.8 ini cukup puas dengan hasilnya. Selain melakukan editing, ada cara lain untuk menggunggah foto hasil bidikan ke akun Instagram tanpa perlu memotong. Yaitu pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi SquareIt. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store untuk pengguna ponsel berbasis Android.
Pada aplikasi ini, pengguna juga diberi kebebasan untuk memilih background jika diinginkan. Caranya pun mudah, pengguna hanya perlu masuk pada menu editor yang ada dibagian atas aplikasi tersebut. Setelah proses editing selesai, pengguna tinggal menguploadnya. Dan foto pun akan tampil secara penuh. “Resolusinya tetap besar, hanya ukuran fotonya yang kecil. Sehingga saat dilakukan pembesaran beberapa kali pun tidak ada masalah,” tegasnya. (vik/mar)