Nokia Android Hadir Akhir Bulan?

MALANG – Tidak hanya warga Jakarta saja yang antusias melakukan preorder untuk produk Nokia X. Warga Malang Raya pun demikian. Di sejumlah toko modern, perangkat berbasis Android pertama besutan Nokia ini mulai dipesan.
Seperti di Erafone contohnya, setiap hari ada 5-10 orang menanyakan ketersediaan unit perangkat bersandy Normandy ini.  Tidak hanya bertanya ketersediaan unitnya, warga yang datang juga menanyakan spesifikasi perangkat yang kali pertama dikenalkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 tersebut.  
Head Store Erafone, Mall Olympic Garden  Tri Susanto, mengakui  kehadiran Nokia X memang mengusik rasa penasaran konsumen. Bahkan dia yakin, Nokia X ini akan kembali mengantarkan Nokia dalam masa kejayaan.
“Rasa penasaran karena Nokia X berjalan dengan Operating Sistem Android, padahal sebelumnya Nokia kokoh menanamkan OS Windows Phone pada perangkatnya,’’ kata Tri.
Senada Staf Marketing Global Teleshop, MOG  Silvy Novita mengatakan setiap hari ada 3-5 konsumen datang untuk menanyakan ketersediaan unit Nokia X. Beberapa diantaranya pun berniat untuk melakukan pemesanan produk baru besutan Nokia ini.  Namun begitu, pihaknya menolak niatan konsumen tersebut, dengan alasan belum mengetahui pasti  kedatangan ponsel ini di Indonesia.
“Nokia memilih Malaysia untuk peredaran pertama Nokia X di Asia. Sementara di sini belum tahu. Informasinya memang akhir bulan, tapi kami tidak ingin berspekulasi, sehingga kami memilih menunggu dulu,’’ kata Silvy.
Secara umum, wanita asal Singosari ini menjelaskan spesifikasi Nokia X. Ponsel ini dibekali prosesor dual-core 1 GHz, RAM 512 MB.  Tidak ubahnya dengan ponsel Android kelas Low End, Nokia juga menanamkan kapasitas penyimpanan internal pada perangkat ini sebesar 4 GB. Kamera yang ditanam pun memiliki resolusi kecil, yaitu hanya 3 MP. Dan perangkat ini hadir dengan layar seluas 4 inci dengan resolusi 800x480 pixel.
“Nokia menciptakan tiga versi untuk ponsel seri X ini, yaitu Nokia X, Nokia XL dan Nokia X+. Masing-masing versi memiliki kelebihan, dan perbedaan mencolok diantarannya pada layar, prosesor, memory RAM dan kamera, dan tentunya harganya juga berbeda,’’ kata Silvy.
Sementara Supervisor Oke Shop, Fendy Eko Demantoro  mengaku rasa penasaran tidak hanya dimiliki konsumen. Sebagai penyedia produk, dia juga merasa penasaran dengan kehadiran tiga seri Nokia X ini.
“Kalau melihat di beberapa situs online, tampilan fisik Nokia X tidak berbeda dengan Nokia seri Lumia. Masih menggunakan warna-warna ceria, dengan fisik yang nyaman di genggaman,’’ katanya.
Lantaran rasa penasaran itulah, pihaknya pun berharap ponsel ini cepat beredar di Indonesia, dan di Malang Raya. “sudah banyak yang tanya. Rata-rata ada 5 konsumen yang datang dan bertanya ketersediaan perangkat ini,’’ tandasnya.
Jika Nokia Normandy hadir di Malang, tidak menutup kemungkinan smartphone besutan Nokia lain yang menggunakan sistem operasi Windows Phone akan tergeser popularitasnya. (vik/fia)