Transfer Lebih Cepat 60x dengan SHAREit

MALANG - SHAREit merupakan aplikasi baru yang saat ini cukup santer dibicarakan.  Aplikasi ciptaan Lenovo ini dikenalkan kali pertama di Mobile World Congress 2014. Aplikasi  transfer antar device ini memungkinkan pengguna berbagi gambar, video, file musik, dokumen, kontak  dan yang lainnya dengan perangkat lain dengan cepat.
Lenovo E2E selaku developer SHAREit mengkali kecepatan transfer 60 kali lebih cepat dibandingkan menggunakan Bluetooth, versi 4.0 sekalipun. “Bluetooth versi terbaru  4.0 mampu melakukan transfer dengan kecepatan 24 Mbps, menggunakan aplikasi ini bisa lebih cepat 60 kali lipat,’’ jelas Staf marketing Global Teleshop Mall Olympic Garden (MOG), Aprian Romadhoni.
Doni  begitu pria ini kerap dipanggil, tidak sekedar berkata. Kemarin, pria ini langsung mencoba aplikasi tersebut. Menggunakan dua perangkat masing-masing Lenovo S920 dan Samsung Galaxy Ace 2, pria ini mulai melakukan transfer video klip Flo Rida ‘Whistle Official’.
Video dengan kualitas gambar HD memiliki ukuran file 76.3 MB tersebut, dapat ditransfer hanya dalam waktu tidak lebih dari 30 detik.  “Kalau menggunakan Bluetooth transfer video HD ini memakan waktu lebih dari 5 menit. Namun dengan SHAREit, kurang dari 30 detik, sangat cepat,’’ kata pria berkacamata minus ini.
Bukan hanya kecepatan saat melakukan transfer data saja yang ditawarkan, dengan aplikasi ini Lenovo juga mengeliminasi kabel yang berantakan. “Ini merupakan aplikasi nirkable, pengguna bisa berbagi file, tanpa Bluetooth, jaringan telepon, atau jaringan Wi-Fi yang aktif di dekatnya,’’ urainya.
Pengguna secara mudah terhubung langsung menggunakan memakai gelombang radio Wi-Fi yang ada dalam perangkat. Transfer data berlangsung lancar dan gratis. “Aplikasi ini bisa diunduh melalui perangkat berbasis Android atau iOS. Namun begitu, karena aplikasi ini dibuat oleh Lenovo, sudah pasti kecepatan transfer yang ditawarkan pun lebih cepat dibandingkan dari perangkat lain selain Lenovo,’’ tambah Doni, yang menyebutkan jika transfer menggunakan Lenovo bisa 60 kali lebih cepat dibandingkan Bluetooth, sedangkan melalui perangkat selain Lenovo bisa 40 kali lebih cepat.
Sementara untuk melakukan transfer, Doni pun menjelaskan dengan detail. Pengguna lebih dulu masuk ke aplikasi tersebut. Setelah masuk pengguna akan melihat antarmuka yang sederhana. Dimana pada layar ada dua tulisan, yaitu kirim dan terima.
Untuk pengguna yang ingin melakukan transfer, pengguna hanya perlu menyentuh kirim, selanjutnya memilih menu atau file, dan mengirim. Sedangkan perangkat yang menerima pengguna hanya perlu menyentuh terima. Setelah itu  file akan terkirim dengan cepat.
“Untuk perangkat berbasis Android, aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store, sementara untuk perangkat berbasis iOS aplikasi ini bisa diunduh melalui AppStore. Aplikasi ini sangat kecil filenya hanya  4.16 MB,’’ tandas pria asal Malang ini.(vik/fia)