Android untuk Budget Terbatas

MALANG – Kian banyak vendor menciptakan produk ponsel berbasis Android dengan harga murah. Salah satunya adalah Venera. Perusahaan lokal PT Teletama Artha Mandiri pemilik merek Venera ini mengenalkan Volt 1, sebagai ponsel dengan spesifikasi lumayan dengan harga sangat terjangkau.
Secara umum, Venera Volt 1 ini merupakan ponsel Android standart. Dibekali dengan layar seluas 3.7 inci beresolusi WVGA 800x480 piksel. Meskipun demikian, Venera mengklaim layar ponsel ini mampu menampilkan kualitas gambar yang cemerlang. Itu karena Venera mendukung perangkat ini dengan GPU ARM Mali 400, yang dipadu dengan prosesor dual core Mediatek MT6572 dengan kecepatan 1,2 GHz, serta memory RAM 512MB.
Namun begitu, untuk gambar bergerak perangkat ini layaknya produk ponsel lokal yang harganya di bawah Rp 1 juta. Malang Post yang sempat mengoperasikan perangkat ini melihat tampilan layarnya tidak maksimal untuk gambar bergerak, seperti video. Dot piksel pada layar tidak bisa menyatu secara utuh, sehingga terkesan tampilannya pecah-pecah. Namun begitu, bagi pengguna yang tidak hobi menonton film, atau bermain game pada ponsel, kondisi tersebut bisa diabaikan.  
Sementara untuk penyimpanan internalnya, perangkat ini dibekali dengan memory internal seluas 4GB. Memory internal tersebut bisa diekspansi hingga 32 GB, menggunakan micro SD Card. Venera juga menyematkan dua kamera, masing-masing berkekuatan 2 megapiksel dan lensa VGA pada kamera bagian depan.
Namun begitu, di balik spesifikasi standarnya itu, Venera tetap menawarkan beberapa kelebihan. Diantarannya adalah kehadiran dua slot SIMcard. Ponsel ini juga sudah dibekali dengan aplikasi BBM, Twitter, Facebook, KakaoTalk, Line, Path  dan beberapa aplikasi Android lainnya.
Sementara untuk fitur multimedianya, perangkat ini pemutar musi dengan format MP3, serta perangkat Audio dan Video untuk memudahkan pengguna  menonton film. Semua aktifitas pada perangkat ini disokong dengan baterai berkapasitas 1.100 mAh.  
“Volt 1 hadir dengan 2 pilihan warna yakni putih dan biru tua. Dalam paket penjualan juga disertakan bonus flip cover, dengan tiga pilihan warna Putih, Hitam, Biru Muda,’’ tandas Ayu.(vik/fia)