Kenalkan printer multifungsi dengan harga terjangkau

MALANG – Printer multifungsi biasanya lekat dengan harga mahal. Itu karena perangkat tersebut bisa melakukan banyak hal, seperti memindai, menggandakan dokumen, dan tentunya mencetak. Namun begitu, harga mahal tersebut bisa ditepis dengan kehadiran Canon Pixma MG2570. Itu karena perangkat multifungsi ini hanya dibanderol dengan harga Rp 600 ribuan saja.
Head Store Zona Tech, Jalan Bendungan Sigura-gura menjelaskan, Canon Pixma MG2570 memiliki desain yang sangat minimalis. Bentuknya juga ringkas, sehingga tidak memakan tempat saat diletakkan di meja kerja yang ukurannya terbatas.
“Printer ini dirancang untuk keperluan sehari-hari. Bisa untuk print, scan atau mengkopi dokumen. Cocok untuk mahasiswa, atau pengusaha kecil menengah,’’ katanya.
Sekalipun perangkat ini dibanderol dengan harga murah, Rini mengatakan perangkat ini tidak murahan. Itu karena Canon membekalinya dengan teknologi Full-photolithography Inkjet Nozzle Engineering (FINE). Dengan adanya teknologi tersebut, Canon menjanjikan hasil cetak yang lebih baik.
“Dengan teknologi tersebut, setiap dokumen baik teks maupun gambar memiliki resolusi tinggi. Bahkan, saat digunakan mencetak foto, hasilnya lebih halus,’’ kata Rini yang mengatakan teknologi FINE merupakan teknologi dimana printer mampu mengeluarkan tetesan tinta hanya sebesar 2 picoliter.
Namun begitu, Rini menawarkan kepada pengguna untuk memilih cartridge berukuran XL. Dengan cartridge berukuran XL tersebut akan membantu meminimalisir siklus penggantian tinta. “Kalau cartridgenya kecil, jelas akan sering habis tintanya, dan sering ganti. Tapi kalau ukurannya besar, bisa lebih lama gantinya,’’ tambah wanita berjilbab ini.
Selain itu, Canon juga menyertakan teknologi Canon Pixma Hybrid System. Teknologi ini memungkinkan penggunaan tipe tinta yang berbeda untuk materi cetak yang juga berbeda. Tinta berbasis dye misalnya dipakai untuk memproduksi warna cerah pada foto. Sementara tinta hitam dibuat berbasis pigmen untuk menegaskan garis atau teks yang dicetak.
Sedangkan untuk kinerjanya MG2570 bisa mencetak 8 gambar hitam putih per menit.  Sementara gambar berwarna bisa dicetak sebanyak 4 dokumen per menit. Jika diajak mengkopi dokumen berwarna, keduanya bisa menyelesaikan sebanyak 2,5 gambar per menit. “Untuk kecepatannya tidak perlu diragukan, alias sudah di atas rata-rata printer biasa,’’ tandasnya.(vik/fia)