Lindungi Ponsel dengan Anti Theft Alarm

MALANG –   ‘Sedia payung sebelum hujan’ begitulah peribahasa yang cocok untuk melindungi harta benda dari tangan-tangan jahil orang lain atau orang tak dikenal. Tidak terkecuali ponsel, yang kerap menjadi incaran pelaku kriminal. Untuk menhindari ponsel berpindah tangan, pengguna pun bisa melakukan berbagai hal, yaitu menyimpan ponsel di tempat aman, tidak meminjamkan ponsel kepada orang tak dikenal, dan melengkapi ponsel dengan aplikasi anti maling.
Ya, saat ini cukup banyak aplikasi anti maling yang dibuat, dan didapatkan secara gratis. Salah satunya adalah Anti Theft Alarm. Aplikasi ini sedianya sudah ada sejak 2012 lalu. Namun begitu, namanya kurang populer, dibandingkan dengan aplikasi media sosial.
“Jarang yang menggunakan, padahal aplikasi ini sangat berguna, terutama dalam hal menjaga ponsel dari tangan-tangan orang jahil,’’ kata Viona, salah satu pengguna Aplikasi ini.
Mahasiswi UMM jurusan Ilmu Komunikasi ini menjelaskan, Anti Theft Alarm merupakan  aplikasi untuk pengamanan ponsel Android. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi alarm yang bekerja secara otomatis bila telepon berpindah atau dipindahkan.
“Contohnya pengguna melakukan recharging, karena lama ponsel ditinggal, dan saat bersamaan ada orang yang ingin memindahkan, maka seketika itu juga alarm akan berbunyi, dan pemiliknya langsung mendengar,’’ katanya.
Termasuk saat ponsel diletakkan dalam tas, tiba-tiba dirogoh oleh pelaku kriminal untuk mengambilnya, aplikasi Anti Theft Alarm seketika akan bekerja, dan mengeluarkan bunyi alarm yang sangat keras, sehingga pemilik ponsel pun segera sadar.
Viona juga menjelaskan, bunyi alarm langsung berhenti, jika pemilik memasukkan pin yang sesuai. Dengan begitu, Viona pun memastikan perangkatnya betul-betul aman dari maling.
“Aplikasi ini adalah pencegah pencuri  terbaik sekaligus alarm pencuri yang efektif. Dan tidak akan ada lagi jalan bagi pencuri untuk mencuri telepon kita,’’ urainya, sembari mengatakan, aplikasi ini menggunakan Ultra sensitive touch sensor, sehingga alarm akan berbunyi jika ada yang menyentuh layar ponsel,  alarm juga akan terpicu jika ada yang menggerakkan telepon.
Selain itu perangkat ini juga memiliki fitur menarik, diantarannya adalah memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat melalui SMS, melakukan tracking lokasi ponsel melalui GPS, melakukan lock pada ponsel secara otomatis, dan melakukan wipe atau menghapus data baik itu di SD Card maupun internal Storage.
“Paling keren, aplikasi ini mampu memberikan  notifikasi ke nomor tertentu jika ada orang lain mengganti nomor SIM card di ponsel kita. Ponsel juga akan terkunci dengan sendirinya, dan langsung mengeluarkan bunyi alarm jika pencuri memaksa memasang kartu lain,’’ tandas  dia.(vik/fia)