Tampil Minimalis, Optimis Laris Manis

MALANG – Galaxy Tab 3 7.0 lite menjadi pelengkap seri Samsung Galaxy Tab 3. Tablet yang menyasar kelas menengah ini hadir dengan harga lebih terjangkau. Sebelumnya, Samsung mengenalkan tiga versi untuk Galaxy Tab 3, yaitu Galaxy Tab 3 7.0, Galaxy Tab 3 8.0 dan Galaxy Tab 3 10.1. Ketiga versi tersebut cukup laris manis. Bahkan, beberapa outlet yang menyediakan perangkat ini mengklaim ketiga produk tersebut sebagai produk best seller.
“Seri terbaru  Galaxy Tab 3 ini diharapkan mampu mengikuti jejak tiga seri sebelumnya,” kata Team Leader Erafone Arie Kurnianto kepada Malang Post. Dijelaskan oleh Arie, harga yang lebih terjangkau menjadi daya tarik perangkat ini bersaing dengan tablet besutan vendor lokal.  “Hadir dengan harga Rp 2,5 jutaan, perangkat ini akan membius para konsumen. Terutama mereka yang memiliki uang pas-pasan,” urai pria asal Surabaya ini.
Sementara untuk penampakannya, Arie pun menjelaskan, secara fisik, Samsung Galaxy Tab 3 7.0 Lite ini tidak berbeda dengan Samsung Galaxy Tab 3 7.0. Keduanya sama-sama mengusung layar seluas 7 inci. Bodinya yang tidak terlalu besar, membuat perangkat ini sangat mudah ditenteng ke mana-mana.
Selain layar, perangkat ini juga dibekali dengan mesin yang sama, yaitu mendukung prosesor dual core masing-masing 1.2 GHz, dengan RAM 1 GB. Perbedaan mencolok terlihat pada sisi kamera dan memori internalnya. Menurut pria bertubuh kecil ini, memori internal yang terdapat pada Samsung Galaxy Tab 3 7.0 Lite ini hanya 8 GB. Artinya, memori penyimpanan itu setengah dari memori internal Samsung Galaxy Tab 3 7.0 yang memiliki wadah 16 GB.
Sedangkan kameranya, perangkat ini hanya mengandalkan lensa 2 megapiksel, sedangkan Samsung Galaxy Tab 3 7.0 mengandalkan lensa 5 megapiksel. “Secara umum, mesin dan layar tidak berbeda. Termasuk fitur-fitur di dalamnya juga sama dengan seri Tab 3 7.0. Perbedaan yang paling terlihat hanya pada kamera dan memori internal. Tapi itu bukan masalah, karena untuk penyimpanan, pengguna masih bisa memanfaatkan slot micro SD Card, sedangkan untuk kameranya, pengguna bisa memotret menggunakan kamera profesional, kemudian ditransfer ke sini, hasilnya pasti lebih bagus,” katanya.
Terciptanya perangkat dengan harga lebih terjangkau ini membuktikan Samsung ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dari berbagai segmen. Sedangkan untuk paket penjualannya, Arie mengatakan, perangkat ini sangat lengkap. Pembeli akan mendapatkan baterai, charger, hands free, buku panduan, serta kartu garansi. (vik/nda)