Bolt Akhirnya Beredar di Malang

MALANG –  Beberapa waktu lalu, mata masyarakat Indonesia dikejutkan dengan layanan BOLT. Di iklan televisi, BOLT disebut sebagai layanan internet super cepat berbasis teknologi Long Term Evolution (LTE). Saat masa percobaan Desember lalu, layanan milik Internux bekerjasama dengan First Media ini hanya bisa meng-cover wilayah Jakarta dan Banten. Namun belakangan paket BOLT sudah bisa ditemui di pasar gadget Malang Raya. iFind Mall Olympic Garden (MOG) salah satu outlet yang menjual paket BOLT ini.
Head Store iFind, Eko Santoso menyebutkan, dalam paket kemasan BOLT tersebut berisi Modem WiFi(MiFi) ZTE MF90, buku manual dan kabel USB. Sementara SIM Card dan kartu garansi tidak disertakan.
Eko menjelaskan, paket kemasan BOLT yang tersedia di outletnya tidak seperti iklan di televisi. MiFi ZTEMF90 yang terdapat pada kemasan telah di-unlock. Dengan begitu, MiFi ini tetap bisa digunakan, secara bebas dengan kecepatan yang luar biasa.
“Iklan di televisi paket BOLT merupakan layanan internet dengan teknologi LTE sedangkan di sini teknologi tersebut belum ada. Agar MiFi tetap bisa digunakan satu-satunya cara adalah dilakukan unlock,’’ katanya.
Kondisi unlock tersebut memungkinkan MiFi ini bisa diisi dengan SIM Card dari operator lain. “Meskipun sudah di unlock sama sekali tidak merubah kecepatannya, yaitu mencapai 72 mbps. Ini merupakan teknologi yang luar biasa, dan sangat cocok untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, dan memimpikan internet mobile super cepat,’’ tambah Eko.
Pria asal Surabaya inipun menyebutkan, karena kondisinya sudah di-unlock perangkat inipun dijual lebih mahal dibandingkan dengan yang belum di-unlock. “Kami membanderol dengan harga Rp 500 ribu,’’ urainya.
Ia menambahkan, meskipun perangkat tersebut baru datang, peminatnya sudah sangat banyak. Salah satu alasannya, karena MiFi ini sudah mendukung LTE yang menjadi standar komunikasi nirkabel berbasis GSM. Teknologi LTE sering disebut 4G karena menawarkan kecepatan setingkat di atas HSDPA. Spesifikasi LTE menyebut teknologi ini bisa mencapai kecepatan download maksimal 300 Mbps dan upload 75 Mbps.
“Meskipun tidak menggunakan layanan BOLT, MiFi nya tetap bisa bekerja dengan sangat cepat untuk layanan internet,’’ kata Eko.
Eko mengatakan, penggunaan Bolt sendiri kurang lebih sama seperti menggunakan mobile WiFi (MiFi) pada umumnya. Pengguna hanya perlu terhubung ke MiFi menggunakan koneksi WiFi atau kabel. Jika ingin terhubung via WiFi, pengguna hanya perlu memasukkan SSID (nama WiFi) dan password yang telah ditulis di balik cover belakang modem.(vik/fia)