Gunakan CamScaner, Tak Perlu Bawa Kertas Dokumen

MALANG –  Android memang banyak menawarkan banyak aplikasi-aplikasi pilihan. Salah satunya adalah CamScaner. Aplikasi yang dikenalkan pada pertengahan tahun 2013 ini menjadi aplikasi paling diburu, terutama untuk para eksekutif muda. Aplikasi yang dibuat oleh perusahaan IntSig Information.co.Ltd ini menawarkan kemudahan kepada mereka yang memiliki pekerjaan di dunia dokumentasi.  Edi Susanto, salah satu pengguna aplikasi ini mengatakan saat bekerja dia tidak perlu lagi membawa dokumen yang berat.
Sebaliknya, dia hanya perlu membawa tablet, yang didalamnya telah dilengkapi dengan aplikasi CamScaner.  Edi menjelaskan, CamScanner berfungsi untuk men-scan dokumen kertas dan mengubahnya menjadi file PDF. Dengan begitu, dirinya tidak perlu lagi capek-capek nyatet atau ngelurain duit untuk fotokopi. “Dengan CamScanner kita tinggal motret pakai Android dan dokumen kertas seperti modul kuliah, atau catatan penting akan langsung diubah menjadi file PDF,” kata pria yang bekerja di salah satu perusahaan asuransi ini.
Dia juga menjelaskan file kertas yang telah diubah menjadi PDF akan tersimpan pada device, yang bisa dibuka kembali saat diinginkan. Sebelumnya, Edi mengaku jika dirinya tidak bisa hidup dengan kertas. Berbagai dokumen penting selalu dibawa, dan itu membuat dirinya sangat berat. Dengan adanya aplikasi CamScaner ini, pekerjaannya lebih ringan.  Dokumen atau file soft copy lebih laku daripada hard copy, karena kepraktisannya dan mengurangi penggunaan kertas.
“Untuk kinerjanya pun tidak ribet bahkan relatif mudah. Pertama pengguna hanya perlu masuk ke aplikasi. Selanjutnya memilih menu kamera atau gallery yang terdapat di pojok kiri bawah,” tuturnya.  Setelah itu, kamera pun menjepret foto dokumen yang diambil. Setelah itu, pengguna hanya perlu masuk pada menu gallery tempat dokumen foto yang diambil tadi tersimpan. “Lalu gunakan CamScaner untuk memotorng gambar supaya ukurannya pas dan tidak menyisakan ruang kosong,” urainya.
Setelah proses scaning selesai, pria yang tinggal di Jalan MT Hariono inipun mengatakan pengguna tinggal menyentuh gambar PDF, untuk mendapatkan file PDF. Selain itu, CamScanner juga mampu menyimpan dokumen-dokumen ke format image atau gambar JPG. “Setidaknya dengan adanya aplikasi ini, tidak banyak dokumen atau kertas yang saya bawa,’’ katanya yang mengatakan aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store. (vik/mar)