Vandroid S5H Bersaing di Kelas Phablet Menengah

MALANG –  Eksistensi Advan bersaing di pasar gadget terus ditunjukkan. Salah satunya dengan mengenalkan perangkat Vandroid S5H. Perangkat yang baru ini hadir sebagai produk ponsel dengan layar jumbo, atau biasa disebut phone tablet (phablet). Dengan layar yang luas ini, memudahkan sekaligus memberikan rasa nyaman kepada pengguna untuk melakukan berbagai aktifitas, seperti menonton film, bermain game maupun chatting di dunia maya.  Marketing Kindom Cell, Jalan Sumbersari Malang, Kristin Andriyani  menjelaskan secara fisik Vandroid S5H ini mengadopsi Samsung Galaxy Note 3.
Layar yang lebar dengan bezel tipis, membuat tampilannya cukup mewah. Bahkan, Advan juga tidak banyak memberikan tombol, pada bagian depan perangkat.  Satu tombol dapat ditemui dibagian bawah layar. Menurutnya, tombol tersebut berfungsi untuk kembali  ke menu awal, layaknya produk Samsung.  Kesan mewah juga terlihat pada bagian belakang. Itu karena perangkat ini dibalut dengan cassing berwarna siver.  Desain yang tipis membuat perangkat ini sangat nyaman saat digenggam, atau dibawa kemana-mana.  
Namun begitu, kemewahan pada bentuk fisik perangkat ini tidak imbang dengan kinerja ponsel. Menurut Kristin meski memiliki bentuk yang sama dengan Samsung Note 3, performa perangkat ini sangat jauh dibawah Samsung Note 3. “Bentuknya saja yang mirip, tapi performanya jelas tidak sama. Kinerja ponsel ini sangat standar,’’ urainya.  Sementara untuk tampilan interfacenya, perangkat ini memang tergolong lumayan. Dengan layar jenis IPS (In-Plane-Switching), Advan menawarkan sudut pandang yang lebih luas.  
Layar ponsel juga sudah dibekali dengan resolusi HD 1.280 x 720 piksel. Namun begitu, resolusi HD yang ditanam sedikit kurang memuaskan, karena warna yang ditampilkan tidak tajam.  Faktor utama tampilan yang tidak tajam adalah memory RAM. Menurut  Kristin, memory RAM yang ditanam Advan pada perangkat  yang dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan ini hanya berkapasitas 512 MB. Kapasitas tersebut tidak imbang dengan prosesor yang digunakan adalah Quad-Core dengan kecepatan masing-masing 1.2 GHz.  Alhasil, kinerja ponsel ini pun tidak cukup cepat dibandingkan ponsel dengan mesin Quad-Core lainnya. (vik/mar)