Samsung Galaxy Note Pro Mulai Ditawarkan

MALANG – Setelah sebulan ditunggu, Samsung Galaxy Note Pro akhirnya beredar di pasar Malang. Tablet dengan layar jumbo yang menyasar segmen high end ini ditawarkan dengan harga Rp 11 jutaan.  Harga tersebut memang cukup fantastis, namun begitu pihak Samsung mengklaim harga mahal ini sangat sesuai, lantaran perangkat ini dibekali dengan berbagai teknologi mutakhir.  Owner Indo Mobile Cell, Jimmy Etmada menjelaskan Samsung Galaxy Note Pro ini merupakan tablet premium besutan Samsung.
Perangkat ini tidak hanya mengandalkan layarnya yang lebar, tapi juga memiliki performa yang handal. “Dia memiliki kemampuan multitasking sangat tinggi dan mampu menampilkan atau menjalankan 16 aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan. Jelas ini sangat luar biasa, belum ada tablet lain yang memiliki kemampuan seperti itu,” terangnya.  Dia mengatakan, umumnya perangkat tablet hanya mampu menampilkan sekaligus menjalankan 5 hingga 6 aplikasi saja. Itupun menurut dia, aplikasi yang dijalankan merupakan aplikasi ringan.
“Jika ada salah satu aplikasi berat dijalankan, sudah pasti  kinerjanya tidak lancar, bahkan ponsel bisa hank alias ngadat,” katanya. Performa apik itu tak lain karena perangkat ini dibekali dengan prosesor Exynos 5 Octa Core. Layaknya Galaxy Note 3, mesin perangkat ini dibagi dua, yaitu Quad-Core dengan kecepatan masing-masing 1.9 GHz  dan Quad-Core dengan kecepatan masing-masing  1.3 GHz. Yang tidak kalah penting, performa perangkat ini juga dipengaruhi oleh memory RAM.
Pada produk barunya ini Samsung membenamkan memory RAM dengan kapasitas 3 GB. Sehingga kinerjanya pun sangat luar biasa. “Pengguna bisa melakukan browsing, sambil menonton film atau mendengarkan musik, atau bermain game,” kata Jimmy yang mengatakan jika perangkat ini dibekali dengan memory internal seluas 32 GB.  Bukan hanya kelancaran dalam hal menjalankan banyak aplikasi. Pengguna juga melihat perbedaan kecepatan perangkat ini saat mulai menghidupkannya.
Jika perangkat lain membutuhkan waktu 45 detik untuk booting, namun Galaxy Note Pro mampu hidup kurang daro 30 detik, setelah tombol on ditekan. Selain performa, kesan premium perangkat ini juga terlihat pada bentuk fisiknya. Galaxy Note Pro ini mengusung layar 12.2 inci. Layar tersebut  mendukung resolusi 2.560 x 1.600 piksel, dengan tingkat kerapatan 247 piksel per inci. Uniknya lagi layar yang diusung tidak menggunakan rasio 16:9 seperti tablet kebanyakan, tapi mengusung rasio 16:10.
“Rasio ini sengaja dibuat untuk mempermudah produktifitas di bagian pekerjaan. Aplikasi Office optimal di rasio ini karena bar atau garisnya mudah terlihat,” tambah bapak dua anak ini. Sisi fotografi, perangkat ini dibekali dengan dua kamera. Masing-masing 8 megapiksel di bagian belakang lengkap dengan auto focus dan LED Flash, serta 2 megapiksel di depan. Perangkat ini juga mampu bertahan hidup lebih lama, karena dibekali dengan baterai 9.500 mAh. Sedangkan untuk operating sistemnya perangkat ini menggunakan OS Android 4.4 KitKat. (vik/mar)