Halau Red Eye dengan Blue Glass Filter

MALANG – Kamera menjadi komponen paling penting yang ditanam vendor pada produk cellularnya. Kehadiran kamera tak sekadar pelengkap, namun menjadi daya tarik utama perangkat komunikasi masa kini.  Fakta itulah yang kemudian membuat vendor tak sekadar menanam lensa untuk kameranya.
OPPO misalnya. Perusahaan yang mengawali karirnya dibidang OHP ini,juga membekali kamera ponselnya dengan berbagai teknologi lain. Contohnya adalah ISP Chip. Teknologi tersebut mulai digunakan pada ponsel OPPO Mirror, selanjutnya ditanamkan pada OPPO N1.
“Baru ada tiga varian untuk ponsel OPPO yang menggunakan teknologi ISP Chip. Salah satunya pada produk R1 ini,’’ kata Promotor OPPO, Reggy Ananta.
Reggy menjelaskan, ISP Chip yang ditanam memberikan kemampuan kamera OPPO R1 menangkap objek lebih detail.  Bahkan, saat objek diambil dalam kondisi kurang cahaya. “ISP Chip yang tertanam, serta dukungan teknologi Pure Image membuat lensa kamera mampu membuka area foto sensitive 1/3.2. sehingga dengan kamera ini mampu merekam setiap detail gambar,” katanya.
Selain itu, OPPO juga menyematkan teknologi Blue Glass Filter pada kamera R1 yang notabene memiliki 6 lapisan lensa. Teknologi Blue Glass Filter ini ditanam untuk menghindari terjadinya red eye pada jepretan yang menggunakan flash. Bukan itu saja, agar gambar terlihat lebih soft.
“Pengambilan gambar menggunakan flash kerap cacat, paling sering adalah terjadi red eye. Namun dengan adanya  teknologi ini kondisi tersebut bisa dihandari. Wajah yang terang akibat terkenal kilatan cahaya pun bisa tampil lebih soft, sehingga gambar akan terlihat sangat natural,’’ kata pria ini.
Hasil yang terlihat pada layar ponsel pun tidak akan berubah saat pengguna mencetaknya. Terlebih saat ini, banyak pengguna ponsel yang gandrung dengan foto-foto selfie.  Dua teknologi yang disebutkan itu dikatakan Reggy sangat membantu untuk mendapatkaf foto selfie dengan hasil serta angle terbaik.
“Secara umum, OPPO R1 mengusung dua kamera, yaitu 8 megapiksel di bagian belakang dan 5 megapiksel di bagian depan. Dua kamera ini masing-masing memiliki enam lapisan lensa BSI, dan kedua kamera ini dilengkapi dengan Pure View Image. OPPO juga membekali kamera ponsel ini dengan pengaturan ISO, untuk mendapatkan hasil lebih menawan,’’ urainya.
Sedangkan untuk produknya, OPPO R1 merupakan ponsel paling anyar besutan OPPO. Perangkat yang dijual seharga Rp 4.999.000 ini, memiliki dimensi 142.7 x70.4x7.1 mm. Perangkat ini dibekali dengan prosesor quad core  masing-masing 1.3 GHz. Untuk layarnya, perangkat ini mengusung layar seluas 5 inci.  Selain berjalan dengan operating Sistem Android 4.2 Jelly Bean, perangkat ini juga berjalan dengan ColorOS. “ColorOS merupakan aplikasi pengembangan dari OPPO, untuk tampilan perangkat lebih menarik,’’ tandas Reggy.(vik/fia)