Mengenal Fitur Group Play Galaxy S4

MALANG -  Tidak salah jika Anda berminat untuk membeli Samsung Galaxy S4. Sebab smartphone itu memiliki satu fitur andalan yakni Group Play yang membuat penggunanya dapat melakukan sinkronisasi ke sejumlah smartphone Galaxy S4 lainnya dengan menjadikan salah satu satu smartphone Galaxy S4 sebagai master control. Group Play saat ini, hanya tersedia secara eksklusif pada Samsung Galaxy S4 dan Galaxy S4 Mini. Sebenarnya cikal bakal dari fitur ini telah ada pada Samsung Galaxy S3.
Pengguna S3 akan mengenali fitur ini sebagai fitur yang memungkinkan mereka untuk berbagi dokumen dan foto dengan orang lain dalam jarak dekat, namun untuk mengggunakan fitur ini harus terkoneksi pada jaringan WiFi yang sama. Pada galaxy S4 fitur ini telah dikembangkan sehingga pengguna S4 dapat berbagi dan mendengarkan musik bersama, foto, dokumen dan bermain game yang sama dalam waktu bersamaan, tanpa harus terkoneksi pada jaringan WiFi yang sama.
Fitur ini akan dimulai dengan seorang yang membuat group pada smartphonenya dan bertindak sebagai pemimpin grup. Smartphonenya akan berfungsi sebagai akses point tempat dimana smartphone lain akan mengkoneksikan dirinya untuk bergabung kedalam grup ini, yang artinya grup ini tidak lagi membutuhkan koneksi dari WiFi atau jaringan selular. Jalankan fitur group play dengan men-tap pada icon group play pada ponsel. Pengguna yang akan menjadi pemimpin grup ini harus membuat grupnya dulu dengan memilih "Create Grup" (buat grup).
Selanjutnya, secara otomatis mengaktifkan WiFi akses point pada smartphonenya. Pengguna lain yang akan bergabung kedalam grup ini, memilih "Join Group" setelah menjalankan fitur Group Play, smartphonenya kemudian akan mendeteksi akses point yang tadi telah dibuat oleh pengguna yang menjadi pimpinan grup dengan nama "Group XXX", jika tersedia beberapa group disekitar pengguna maka, akan terdapat pilihan grup mana yang akan dipilih.
Siapapun yang membuat grup dapat mengatur password yang membuat grup sedikit lebih aman, sebuah kotak disudut kanan atas akan menunjukkan berapa banyak orang yang telah bergabung dalam grup. Setelah tergabung kedalam grup, penggunanya kemudian dapat berbagi musik, foto, dokumen atau bermain game bersama. Beberapa file dapat dibagi dalam waktu yang bersamaan. Setiap pengguna yang tergabung dalam grup ini dapat mengontrol file yang dibagi dalam grup ini.
Jadi setiap pengguna dapat membuka dan membaca halaman-halaman slide presentasi dan kemudian membuat catatan atau goresan-goresan pada file tersebut, setiap pengguna akan diberikan warna yang berbeda saat menulis komentar atau goresan pada file yang disharing di grup. Setiap pengguna dapat memajukan atau memundurkan halaman presentrasi bukan hanya yang sedang tampil pada perangkat sendiri tapi juga pada perangkat orang lain. Untuk fitur musik pengguna dapat mengatur volume pada perangkat pengguna lain langsung dari ponselnya. (dk/mar)