Ponsel Sederhana Tahan Lama

Mito 238
MALANG –   Sebagai pabrikan lokal, Mito tidak hanya fokus menciptakan ponsel berbasis Android dengan harga terjangkau. Tapi pabrikan yang berpusat di Cina ini juga menciptakan berbagai tipe feature phone, salah satunya dengan mengenalkan Mito 238.  
Ponsel satu ini memang tidak banyak memiliki fitur. Bahkan bisa dikatakan, kehadirannya mengingatkan pada ponsel-ponsel jadul yang hanya mengandalkan fungsi telpon serta SMS saja.  
Namun disitulah sisi kelebihannya. Berbekal  fungsi SMS dan telepon, ponsel ini mampu untuk bertahan hidup lebih lama dibandingkan dengan ponsel-ponsel lainnya.
Promotor Mito, Fiko Cahyono memastikan, jika ponsel seharga 200 ribuan ini mampu bertahan lebih dari satu minggu dalam kondisi stand by. “Saat digunakan secara aktif telepon dan SMS, baterai pada perangkat ini masih bisa bertahan hingga 2 hari,’’ katanya.
Kondisi inilah yang membuat perangkat ini layak untuk dimiliki, terutama untuk masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi. “Baterai smartphone hanya mampu bertahan 8 jam untuk pemakaian aktif. Padahal komunikasi tetap harus jalan, solusinya adalah membawa ponsel standart dengan baterai tahan lama,’’ kata Fiko.
Malang Post sendiri kemarin sempat mencoba perangkat tersebut. Yaitu dengan menghidupkan ponsel. Kali pertama setelah tombol on ditekan, tampil tulisan Mito. Seperti ponsel klasik, proses booting itu tidak lama. Selanjutnya,  tampak pada layar pengaturan tanggal, kemudian pengaturan jam. Kedua menu itu bisa diabaikan, dan langsung masuk pada menu utama.
Sekalipun ponsel ini mengusung layar seluas 2.4 inci, namun perangkat ini mampu menampilkan 12 menu. Diantaranya kontak, perpesanan, riwayat panggilan, pengaturan, gallery, musik, file manager, browser dan note. Perangkat ini juga dibekali dengan menu pengembangan dari Mito bernama NEO.
“NEO merupakan aplikasi market ciptaan Mito yang fungsinya untuk mendapatkan konten, seperti konten musik, gambar, atau game,’’ kata pria ini, sembari mengatakan menu tersebut menjadi andalan Mito untuk produk-produk ponsel standart.  
Fiko mengatakan perangkat ini tidak ubahnya ponsel Mito lainnya. Perangkat bergaya candy bar  ini dibekali dengan Mode dual ON GSM-GSM. Ponsel ini juga dibekali dengan kamera di bagian belakang, yang tentunya memberikan peluang pengguna untuk bisa mengabadikan gambar. Selain itu perangkat ini juga dibekali dengan file multi media, seperti pemutar musik dengan format MP3, MP4, dan pemutar video dengan format 3GP.(vik/fia)