iOS Baru Makin Boros

MALANG – Awal  Maret lalu, Apple secara resmi  menghadirkan update terbaru dari sistem operasi besutannya, yaitu iOS 7.1. Pada update iOS terbaru tersebut, Apple pun menjanjikan banyak pembaruan.  Mulai dari tampilan tweak yang eye cathing, adanya aplikasi car play, meningkatkan kualitas kamera, meningkatkan siri dan touchID, serta meningkatkan performa. Namun begitu, pembaruan OS tersebut ternyata banyak dikeluhkan, para pengguna iPhone.  Itu karena pembaruan sistem operasi ini mengakibatkan boros baterai pada perangkat mereka.
Borosnya baterai pada perangkat iPhone setelah  melakukan update iOS ini dikeluhkan pengguna melalui banyak media. Tidak terkecuali media resmi Apple.  Beberapa menuliskan, jika setelah melakukan update baterai perangkat mereka hanya mampu  bertahan antara 3-5 jam. Padahal sebelum update, pengguna masih mengatakan jika baterai iPhone  mereka bertahan seharian, atau paling tidak 8 jam untuk pemakaian aktif.
Kondisi tersebut paling dirasakan oleh pengguna iPhone 4 dan iPhone 4s. Anisa Dian Safitri salah satu pengguna iPhone 4s  mengaku baterai  iPhone miliknya mendadak sangat boros setelah dirinya melakukan update iOS  7.1.
“Biasanya sehari hanya melakukan recharging 2 kali saja, tapi sekarang bisa 3-4 kali, padahal pemakaiannya sama,’’ katanya.
Anisa mengakui, jika iOS 7.1 memang keren. Sistem operasi  tersebut memang merubah total tampilan serta performa perangkatnya. “Sebelumnya iPhone 4s menggunakan OS bawaan, yaitu iOS 6. Kemudian, setelah mendengar   Apple merilis iOS baru yaitu 7.1 kemudian saya tertarik. Salah satunya karena dengan iOS 7.1 Apple menjanjikan performa yang lebih untuk kinerja ponsel,’’ kata mahasiswi jurusan Managemen, Universitas Brawijaya ini.
Namun begitu, saat mengetahui baterainya yang sangat boros keesokan harinya, dirinya pun mengaku kecewa. “Saya sempat tanya-tanya kepada teman sesame pengguna iPhone yang OS nya telah di update dengan iOS 7.1. Rata-rata mereka mengatakan sama,’’ katanya.
Satria Abdullah, pengguna iPhone 5 juga mengatakan hal yang sama. Namun begitu, dia mengaku jika borosnya baterai pada iPhone 5 miliknya merupakan hal yang wajar, lantaran dibalik itu dia juga menikmati kinerja ponselnya yang lebih cepat. Dia juga banyak mendapatkan kelebihan lain, seperti kamera HDR, serta tweak yang menarik.
“Kalau sebelumnya tampilan iPhone 5s milik saya sangat sederhana, namun dengan iOS baru, saya melihatnya berbeda. Semuanya lebih smooth. Terutama untuk kinerjanya, sekarang lebih cepat dibandingkan sebelumnya,’’ tandasnya, sembari mengatakan baterai yang boros tersebut masih bisa diantisipasi, dengan membawa power bank saat bepergian, atau jauh dari colokan listrik. (vik/fia)