Oppo Percaya Diri dengan ColorOS

MALANG – OPPO betul-betul sangat serius dalam menapaki bisnis telekomunikasi. Terbukti, selain menciptakan berbagai varian ponsel pintar  berbasis Android,  perusahaan ini juga mengembangkan Operating Sistem (OS) besutannya yang disebut dengan ColorOS.
Saat ini sudah ada lima varian ponsel besutan OPPO yang menggunakan ColorOS, yaitu OPPO Find Mirror, OPPO Neo, OPPO Find 5 Mini, OPPO R1 dan OPPO N1.
“ColorOS merupakan OS yang dikembangkan OPPO, dengan acuan OS Android 4.2 Jelly Bean,’’ terang Promotor, OPPO Yusuf Wibisono.
Pria yang memiliki wilayah tugas di Erafone Mall Olympic Garden ini pun menjelaskan ColorOS berjalan beriringan dengan OS Android Jelly Bean. Pada ColorOS, OPPO menambahkan berbagai aplikasi, dan fitur yang tentunya tidak dimiliki ponsel lain.
Aplikasi yang tertanam diantarannya adalah Glove Mode, Off Gesture, Guest Mode, Multi Finger, dan Security Sistem. “Glove Mode merupakan aplikasi, dimana ponsel layar sentuh buatan OPPO tetap mampu digerakkan meskipun tangan penggunanya menggunakan sarung tangan,’’ kata Yusuf.
Sedangkan untuk aplikasi Off Gesture, dijelaskan pria berkacamata minus ini adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna membuka menu ponsel meskipun ponsel dalam kondisi terkunci.
Bukan itu saja, pada aplikasi Off Gesture ini, pengguna hanya perlu menggambar icon menu pada layar. Contohnya, pengguna hanya perlu menggambar lingkaran di layar ponsel OPPO mendukung ColorOS, dan seketika itu pengguna langsung dibawa masuk ke menu kamera.
Sementara pada Guest Mode, pengguna bisa membuat dua pola pengamanan. Satu pola untuk umum, dan satu pola lagi untuk akses ponsel pada data-data yang lebih pribadi.
“Contohnya, pengguna ingin pesan BBM atau Instagram miliknya tidak diketahui orang lain, dengan aplikasi Guest Mode ini, pengguna bisa melakukannya,’’ urainya
Selain itu, yang membuat ColorOS berbeda adalah sistem pengamanan. OPPO menambahkan tiga fitur untuk sistem pengamanan perangkatnya. Yaitu Security Service, yang memungkinkan pengguna mengunci aplikasi dalam perangkatnya, selain itu juga ada sistem pengamanan Enkripsi, yang mewajibkan pengguna  memasukkan dua password untuk verifikasi membuka aplikasi pilihan, dan terakhir sistem pengamanan Latar Belakang.
“Dengan sistem pengamanan latar belakang, pengguna  tidak akan menemukan iklan pada saat membuka aplikasi, sehingga meminimalisir pemborosan paket data,’’ tambah Yusuf.
Selain itu kelebihan ColorOS adalah masuknya aplikasi Find My Phone, dimana aplikasi tersebut mampu mencari keberadaan ponsel. “Pengguna OPPO Smartphone, bisa masuk ke aplikasi tersebut, dengan syarat melakukan registrasi lebih dului melalui portal Find.nearname.co.th. Begitu reguistrasi tersebut berhasil, data ponsel pun juga tercatat, keberadaannya pun terpantau,’’ katanya.
Tidak hanya itu, OPPO juga mengembangkan ColorOS ini dengan sangat baik. Itu terbukti, pada OS ini OPPO juga memasukkan fitur easy answer, easy deal, dan nada keyboard OPPO diganti dengan suara gitar, piano ataupun drum. “Inilah kelebihan OPPO Smartphone, selain menjadi ponsel pintar dia juga dibekali dengan OS yang smart,’’ tandas Yusuf.(vik/fia)