Nokia X, Kolaborasi Sempurna Android dan Windows Phone

MALANG – Kolaborasi antara operating system (OS) Android dan Windows Phone betul-betul terlihat pada Nokia X. Itu terlihat dengan banyaknya aplikasi dari dua OS tersebut mampu dijalankan dengan baik melalui perangkat yang mengusung layar 4 inci ini. Nokia X pun dapat dikatakan sebagai produk yang sempurna.  Promotor Nokia Malang, Gaby Linda menjelaskan, Nokia X hadir seperti yang digembar-gemborkan. Yaitu ponsel ini mampu menjalankan  aplikasi Android, diantaranya aplikasi seperti Line, Kakao Talk, WeChat dan lainnya.
Sedangkan untuk gamenya, ponsel dengan dimensi 115.5 x63 x10.4 ini mampu menjalankan game Android seperti Fruit Ninja, Temple Run, Plant Vs Zombie, dan lainnya. Sementara untuk aplikasi Windows Phone, Nokia masih menanamkan HERE Drivem HRE Maps, Skype dan Mix Radio.  “Mix Radio, Skype, HERE Drive dan HERE Maps, langsung ada pada perangkat ponsel saat kita membelinya, sementara untuk aplikasi Android baru ada setelah kita melakukan download aplikasi tersebut,” urainya.
Namun begitu, sekalipun menjalankan aplikasi Android, perangkat tidak dilengkapi Google Play Store, yang menjadi market untuk download aplikasi Android. Namun, Nokia X ini hanya menanamkan aplikasi Store.  Aplikasi ini memiliki kelebihan, karena pada Store Nokia ini, pengguna bisa memilih hingga lima store untuk berbelanja aplikasi Android. Diantarannya adalah Slide me, Mombango, APTOIDE dan Yandex. “Lima store ini mewadahi semua aplikasi Android, tinggal pilih saja yang mana,” kata Linda.
Meskipun memiliki fungsi sama dengan Google Play Store, aplikasi market ini memiliki tampilan yang berbeda. Untuk produknya, Linda menerangkan ponsel ini dibekali dengan jaringan GSM, EDGE, dan WCDMA. Ponsel ini mengusung layar sentuh seluas 4 inci WVGA beresolusi 800 x 480 piksel, dengan kepadatan warna 233 ppi. Sementara untuk dapur pacunya, perangkat ini dibekali dengan prosesor milik Qualcomm Snapdragon.  Sedangkan untuk kameranya, perangkat ini dibekali dengan lensa 3 megapiksel. (vik/mar)