Evercoss A26C mirip Sony Xperia C

MALANG – Sebuah ponsel berbasis Android kembali dikenalkan Evercoss kepada masyarakat. Yakni Evercoss A26C. Perangkat baru ini diyakini mampu membius pasar, lantaran selain memiliki desain yang apik, ponsel ini juga dibekali dengan spesifikasi sangat lumayan. Marketing Sentra Mobile Shop (SMS)  Puji Lestari menjelaskan, Evercoss A26C ini hadir sebagai ponsel yang menjalankan operating sistem (OS) Android 4.2 Jelly Bean. Dengan OS yang tertanam tersebut, Evercoss menawarkan banyak aplikasi yang dapat diunduh oleh pengguna.
Namun begitu, sekalipun aplikasi dapat diunduh secara bebas, kiranya pengguna tetap wajib waspada pada kekuatan atau performa ponsel. Itu karena, Evercoss hanya membekali perangkat ini dengan prosesor dual core, dengan kecepatan 1.3 GHz. Memory RAM yang ditanam pada ponsel memiliki kapasitas cukup kecil, yaitu 512 MB. Sehingga kinerja ponsel pun tidak berimbang. Dan itu terlihat saat Malang Post mencoba untuk mengaktifkan ponsel.
Saat kali pertama tombol ON ditekan, layar tidak seketika hidup, alias harus menunggu beberapa saat, untuk kemudian muncul gambar display dan empat icon menu. Bagi pemula, kondisi tersebut memang tidak masalah, namun bagi pengguna yang sudah paham, dengan ponsel Android, lemotnya saat booting ini memberi nilai minus pada perangkat ini.
 “Untuk game-game bersekala ringan memang tidak ada masalah, tapi untuk aplikasi atau game kelas berat jelas berpengaruh. Kalau tidak lemot, tampilan game juga sering resendat-sendat,’’ urainya sembari mengatakan jika Evercoss A26CD ini memiliki wadah penyimpanan 4 GB.
Sementara untuk fisiknya, perangkat ini memang terkesan mewah. Yups, dengan dua pilihan warna hitam dan putih, Evercoss mendesain perangkat ini layaknya Sony Xperia C. Bentuk kotak dengan setiap sudut  sedikit lancip, membuat ponsel terlihat elegan. Kesan itu bertambah, karena perangkat ini memiliki layar seluas 5 inci.
Satu satunya yang membuat perangkat ini lebih adalah, salah satu port SIM Cardnya sudah mendukung jaringan 3G HSDPA. Artinya, dengan jaringan tersebut, pengguna bisa berselancar internet dengan lebih cepat. Kapasitas baterai 2000 mAh juga membuat perangkat ini lebih baik. Karena usia hidup perangkat dipastikan lebih lama.
Bukan itu saja, pengguna juga bisa langsung sign in BBM. Itu karena Evercoss sudah memasukkan aplikasi milik RIM BlackBerry tersebut di perangkat yang dibanderol dengan harga Rp 900 ribuan ini. Selain BBM, aplikasi lain yang sudah ada pada ponsel adalah, Adobe Reader, Calender, File Manager, Google Play Store, APP 2SD, Search, Google Search, Galery dan lainnya.
“Jika ingin menambah aplikasi sangat gampang, cukup membuka Google Play Store dan mencari aplikasi yang diinginkan, kemudian mendowloadnya. Ada yang gratis ada juga yang berbayar,’’ tandas Puji.(vik)