Optimalkan Baterai Ponselmu

BANYAK kegunaan yang bisa dilakukan ponsel. Bukan hanya melakukan panggilan telepon dan ber-SMS, tapi juga mendengarkan musik, internetan, dan bermain game. Secara otomatis, daya baterai pasti akan terus berkurang seiring dengan penggunaan ponsel. Padahal, mungkin Anda baru mengisi dayanya beberapa jam lalu.
Baterai ponsel sebenarnya bisa bertahan cukup lama jika cermat menyiasatinya. Dikutip dari situs Which, ada beberapa hal langsung yang bisa membantu daya ponsel bertahan lebih lama. Berikut ini rinciannya:

1. Jangan Gunakan Ponsel Saat Mengisi Daya
Kebanyakan orang mengisi daya ponselnya semalaman agar beterai selalu terisi penuh. Padahal, baterai Li-ion memiliki sirkuit internal yang secara otomatis dapat menghentikan proses pengisian jika sudah penuh. Namun pengisian daya yang berlebihan bisa membuat ponsel jadi panas. Selain itu, jangan menggunakan ponsel saat proses pengisian daya berlangsung. Hal tersebut dapat membingungkan sirkuit pengaman karena harus membagi daya saat pengisian dan melakukan tugas ponsel.

2. Optimalkan Daya Baterai
Sebaiknya ponsel diisi daya ketika masih sisa sekitar 40 persen dan isi kembali hingga 80 persen. Jika ponsel akan digunakan secara aktif, daya beterai antara 40 hingga 80 persen akan membuat daya ponsel lebih optimal.

3. Ponsel Tidak Boleh Terlalu Panas
Suhu ponsel sering naik ketika proses pengisian daya berlangsung. Jika sudah begitu, daya beterai menjadi semakin cepat berkurang. Sebaiknya lepaskan pelindung jika ponsel Anda menggunakannya. Selain itu, jangan tinggalkan ponsel di ruang yang terlalu panas atau terpapar sinar matahari langsung.

4. Efektif Menggunakan Ponsel
Jika Anda tidak menggunakan ponsel untuk sementara waktu, simpan ponsel dengan daya baterai sekitar 40-50 persen di tempat yang sejuk. Setelah itu, matikan ponsel Anda untuk penyimpanan daya baterai. Cara ini cukup efektif untuk menghemat daya baterai, terutama di kantor saat Anda harus fokus dengan pekerjaan.(dtc/fia)