OS 10.2.1, BlackBerry Kian Sempurna

MALANG – Tidak hanya Nokia X yang mampu menjalankan file Android, BlackBerry pun juga demikian. Menggunakan operating system (OS) BlackBerry 10.2.1, semua file Android mampu dijalankan pada perangkat BlackBerry. Promotor BlackBerry Malang, Mega Mustika menjelaskan, OS 10.2.1 dasarnya adalah OS BlackBerry 10. Saat ini sudah ada empat varian ponsel BlackBerry yang menjalankan OS 10, yaitu Z10, Q10, Q5 dan Z30. “Dari OS awal 10.0, pengguna tinggal melakukan update, ke OS 10.2.1,” katanya.
Setelah OS tersebut  terupdate, seketika itu juga aplikasi Android mampu dijalankan melalui perangkat BlackBerry. “OS 10.2.1 mampu melakukan penyimpanan file APK atau file mentah Android, untuk menjalankan aplikasi Android, tentunya pengguna wajib mendownload file APK tersebut menjadi file utuh,” paparnya. Dengan penyempurnaan OS tersebut, penggunanya memiliki kemudahan untuk menjalankan semua file Android,  meskipun menggunakan perangkat BlackBerry.
Selain itu, Mega juga menjelaskan dengan sistem operasi 10.2.1, perangkat BlackBerry kian sempurna sehingga secara performa, BlackBerry 10 pun kian gahar.  Diantara penyempurnaan tersebut, yakni fasilitas membuka kunci otomatis saat mendapatkan BlackBerry Messenger (BBM) atau SMS. “Saat pesan diterima, langsung bisa dibuka meskipun kondisi BlackBerry terkunci, Fasilitas ini dinamakan sebagai pratinjau instan,” ungkap mahasiswi STIE Malang Kuceqwara tersebut.
Selain fasilitas tersebut, Mega juga mengatakan pada yang dikenalkan sejak awal Januari 2013 lalu, BlackBerry juga memberikan fasilitas pengawasan perangkat yang lebih akurat dan lebih detail. Seperti dipasangnya indikator prosentase baterai, dan opsi pengawasan daya seperti CPU, memory dan storage dapat dilihat. Artinya, pengguna bisa melakukan pembersihan secara manual, saat kondisi memory penuh. “Caranya berbagai macam. Bisa dengan melepas baterai atau melakukan pembersihan secara manual,” tegas dia.
Di sisi lain, BlackBerry telah menyempurnakan handsetnya dengan BlackBerry Keyboard yakni  fasilitas untuk memudahkan pengguna mengetik, BlackBerry Hub yaitu fasilitas untuk mengakses dan merespons semua pesan dan notifikasi ataupun BlackBerry Browser yang akan membantu membuka berbagai hal sekaligus dengan tautan tak terbatas. “Paling menarik adalah OS 10.2.1 mampu menekan daya baterai, yaitu hingga 25 jam meskipun digunakan secara aktif,” pungkasnya. (vik/mar)