Nokia X Beri Keuntungan Ganda

MALANG – Beberapa waktu lalu Nokia secara mengejutkan mengumumkan  menciptakan ponsel berbasis Android. Pengumuman itu tentu mengundang banyak tanya dan rasa penasaran pengguna perangkat seluler. Bahkan, tidak banyak diantara mereka yang memberikan cibiran, bahwa Nokia yang notabene dimiliki oleh perusahaan Microsoft ini mampu menyediakan layanan Android dengan baik pada perangkatnya, yakni Nokia X.
Perangkat  yang kali pertama dipamerkan di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona Februari lalu,ini seketika menarik perhatian, lantaran di perangkat ini, Nokia mampu menciptakan kolaborasi sistem operasi Android dan Windows Phone. “Nokia X hadir dengan memberikan lebih banyak pilihan aplikasi. Karena di perangkat ini Nokia mengediakan akses ke Android Store Partner,’’ kata Promotor Nokia Malang, Linda Gaby.  
Di Android Store Partner ini, pengguna bisa mendownload aplikasi media sosial dan chatting Android seperti , Line, We Chat dan KakaoTalk. Selain itu pengguna juga bisa mendownload aplikasi game Android diantaranya Asphalt 8, Plant Vs Zombie, Fruit Ninja, Joypack Joyride, Kingdom & Lord dan Benji Bananas.  Bukan itu saja, pada perangkat ini, Nokia juga menghadirkan aplikasi BBM lintas platform. “Untuk aplikasi BBM sudah ada pada perangkat, jadi pengguna tinggal sign in saja,” terangnya.
Meskipun cukup heboh dengan aplikasi Android, tentu Nokia tidak melupakan aplikasi Windows Phone di dalamnya. Kepada Malang Post, Linda mengatakan dengan Nokia X pengguna mendapatkan keuntungan dalam satu layanan Microsoft. Pertama, adalah perangkat ini mudah digunakan. Tampilan User Interface yang sederhana memberikan kemudahan pengguna untuk melakukan aktifitas. Nokia tetap menyediakan akun Microsoft  untuk menikmati layanan Microsoft di Nokia X.
Pada perangkat ini Nokia juga menawarkan kapasitas email yang tidak terbatas.  “Kami juga menawarkan layanan Skype gratis selama 1 bulan. Pengguna bisa melakukan chatting dan percakapan video call gratis ke luar negeri melalui Skype,’’ urainya. Tidak kalah penting, Linda mengatakan pada perangkat ini, Nokia juga menyediakan layanan OneDrive, yakni layanan cloud dengan kapasitas penyimpanan 10 GB.  Dengan layanan ini, dipastikan pengguna dapat melakukan penyimpanan file dengan aman.
Sementara untuk spesifikasinya, Nokia X memiliki layar 4 inci, WVGA dengan komposisi 16.7 juta warna. Perangkat ini mengusung jaringan WCDMA 900/2100, GSM/EDGE 850/900/1800/ 1900. Untuk kinerjanya, perangkat ini mengandalkan prosesor dengan chipset Qualcomm  Snapdragon Dual Core berkecepatan 1 GHz, yang dipadu dengan memory RAM 512 MB. Menariknya lagi, perangkat ini hadir dengan mode dual SIM, dan kamera 3 megapiksel. “Menggunakan perangkat ini, bisa menikmati  21 juta lagu di Nokia MixRadio,” tandas dia. (vik/mar)