Axioo Ciptakan X One

MALANG– Perusahaan lokal berlomba untuk menciptakan produk berkualitas  bertenaga mesin Quad Core. Tidak terkecuali Axioo. Melalui produk tebarunya, Axioo X One, perusahaan yang berkembang melalui produk notebook ini, mengenalkan perangkat berbasis Android yang mumpuni. Axioo Pico Pad 4 ini diyakini memiliki kinerja yang luar biasa, lantaran didukung dengan prosesor Quad Core dan layar 4.65 inci, berkualitas Full HD Super AMOLED.   Secara desain perangkat ini memang tidak terlihat mewah.  
Mengusung bentuk kotak dengan setiap sudut sedikit melengkung,  perangkat ini tidak banyak memiliki tombol. Axioo hanya menanamkan tombol soft button yang terdiri dari tombol back, home dan multitasking di bagian bawah layar. Sedangkan di bagian kiri dan kanan, perangkat ini memiliki satu tombol fisik, yaitu tombol power di bagian kiri, dan tombol untuk pengaturan volume di bagian kanan. Namun begitu, tombol yang terdapat pada perangkat ini tidak menonjol, sehingga sedikit sulit untuk menekannya.
Sementara di bagian atas, Axioo menanamkan sebuah port micro USB dan jack audio 3.5mm di bagian bawah bodinya.   Pada produk ini Axioo mempertahankan tampilan yang minimalis. Itu seiring dengan slot kartu SIM yang semuanya berada di bagian belakang. Posisinya berdampingan dengan baterai. Sehingga jka pengguna ingin bergonta ganti kartu, mereka harus lebih dulu melepas baterainya.
“Perangkat ini mendukung dual kartu SIM. Sehingga pengguna yang memiliki lebih dari satu nomor jika perlu kawatir, dan bisa memasukkan kartunya itu pada ponsel,’’ kata marketing Sentra Mobile Shop Malang Plasa, Wida Zain. Bentuk fisik yang sederhana itu seketika berubah saat perangkat ini mulai dihidupkan. Menurut dia, Axioo Picophone X One hadir dengan antarmuka standar ala Android Jelly Bean. Namun begitu, pengguna bisa mengubah launcher tampilan, dengan mendownloadnya di Google Play Store.
Sementara menunjang produktivitas, Axioo Picophone X One telah dilengkapi beberapa aplikasi untuk menemani aktivitas pengguna sehari-hari. misalnya Free Note (mendukung fitur coretan tangan), memo, atau Google Keep yang berguna untuk membuat catatan kecil. Kemudian ada Kingsoft office untuk membuat dan membuka dokumen yang berhubungan dengan aplikasi office dan beberapa fitur multimedia serta hiburan lain seperti FM Radio, video player, Music, Soccer Ticker dan beberapa judul game populer Android.
 “Meskipun fisik dan tampilan antar mukanya sangat sederhana, tapi kinerja perangkat ini sangat memuaskan. Itu karena Axioo menanamkan empat prosesor pada perangkat ini,” kata Wida yang mengatakan prosesor yang ditanam buatan Mediatek, Quad Core dari Mediatek, MT6589 1.21 GHz, yang menggusung arsitektur ARM Cortex-A7 dengan RAM sebesar 1GB. Untuk sektor grafisnya, ponsel ini mengandalkan GPU PowerVR SGX 544MP.
Dengan spesifikasinya, Axioo Picophone X One dapat berhasil melewati sejumlah aplikasi benchmark dan mendapatkan skor hasil benchmark yang cukup memuaskan. Sementara untuk kelebihan lainnya, perangkat ini dibekali dengan dua kamera. Masing-masing kamera dibekali dengan lensa berteknologi BSI. Sehingga sudah bisa dipastikan, kamera yang tertanam pada perangkat ini mampu menghasilkan gambar baik foto maupun video dengan sangat baik.  (vik/mar)