A3300, Tablet Baru Lenovo

MALANG – Lenovo kembali mengenalkan tablet barunya kepada masyarakat Malang Raya, yakni Lenovo A3300. Perangkat baru tersebut menyasar segmen entry level. Itu terbukti, perangkat ini hanya dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan. Marketing Karna Jaya Cell, Reza Aditama menjelaskan A3300  merupakan tablet dengan layar seluas 7 inci. Perangkat ini hadir dengan dimensi 198 x 119.8 x 10.5 mm dan mengusung berat 327 gram.
Dari bentuknya, perangkat ini tidak banyak perubahan dibandingkan dengan tablet Lenovo seri A lainnya. Mengusung bodi berbentuk kotak, Lenovo sengaja menciptakan lengkungan di setiap sudutnya untuk memberikan efek nyaman saat perangkat ini digunakan.  Tidak hanya itu, casing belakang berbahan plastik bermotif, sengaja dipasang agar perangkat ini tidak licin saat dipegang.
Sementara di bagian depan, perangkat ini juga tidak istimewa. Layar yang ditanam hanya jenis LCD. Meskipun mengusung 16 juta warna, namur resolusinya yang tertanam hanya 600 x 1024 piksel, dengan tingkat kepadatan warnanya hanya 170 ppi. Sudut padang pada perangkat ini juga sangat terbatas, alias warna atau gambar asli hanya mampu dilihat saat perangkat ini berhadapan dengan mata pengguna.
Hal ini sangat berbeda jika perangkat ini mendukung layar jenis In-Plane Switching (IPS), yang menawarkan sudut pandang lebih luas. Bukan itu saja, baik gambar maupun warnanya juga terlihat standar. Terlebih saat perangkat ini digunakan melihat filim berkualitas full HD, hasilnya sangat mengecewakan. Selain gambar yang tidak jernih dan warna yang tidak tajam, gambar juga tidak mulus, alias tersendat-sendat.
Sementara untuk kinerjanya, perangkat ini mengusung phipset Mediatek MT382M Cortex-A7. Prosesor Quad Core berkecepatan 1.3 GHz dan RAM 1 GB menciptakan kinerja yang optimal. Bahkan kecepatan kerja mesin perangkat ini bisa dirasakan pengguna saat mulai menghidupkan perangkat. Terhitung sejak tombol power ditekan hingga masuk ke menu awal tidak sampai 30 detik.
Ini menjadi satu-satunya kelebihan perangkat ini, yaitu proses booting yang cepat.   “Lenovo A3300 ini hadir dual SIM Card. Satu memiliki jaringan 2G dan satu lagi sudah berjalan dengan jaringan 3G. Jaringan 3G ini mampu mengakses internet lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 2G,” tandasnya. (vik/mar)