Gaya Mewah Samsung Galaxy S5

MALANG – Masyarakat Malang tidak perlu menunggu lama untuk kehadiran seri ponsel terbaru Samsung. Galaxy S5 sudah dapat ditemui di gerai atau outlet penjualan ponsel di Malang Raya, dengan harga Rp 8 jutaan.
Secara fisik, perangkat  yang dikenalkan kali pertama lewat ajang Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, akhir Februari lalu memang tidak banyak perubahan. Desain minimalis dengan sedikit tombol tetap dipertahankan Samsung, pada perangkat ini. Tidak terkecuali dengan list berbahan metal, tetap diterapkan Samsung pada perangkat ini, sehingga terlihat lebih elegan.
Dimensi 142 x 72.5 x 8.1 mm yang diusung membuat perangkat ini lebih besar dan lebih tebal dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Samsung Galaxy S4, yang memiliki dimensi 136.6 x 69.8 x 7.9 mm. Imbasnya, bobot Samsung Galaxy S5 pun lebih berat dibandingkan sang kakak. “Total berat Samsung Galaxy S5 adalah 145 gram, sementara pada Samsung Galaxy S4 beratnya 130 gram,’’ kata Divisi Marketing Global Teleshop, Silvy Novita.
Sementara untuk layarnya Samsung Galaxy S5 ini terlihat lebih ciamik dibandingkan sang kakak. Layar seluas 5,1 inci dilengkapi teknologi active-matrix organic light-emitting diode (AMOLED), mampu menciptakan gambar dengan warna yang lebih nyata. Resolusi yang diusung pun sangat tinggi, mencapai 1.920 x 1.080 piksel, dengan tingkat kepadatan warnanya mencapai 432 ppi pixel density.
Sedangkan di bagian belakang, Samsung memasang bodi layaknya Galaxy Note 3. Samsung tidak hanya mengandalkan bahan plastik untuk membalut bagian belakang ponsel, tapi juga memberikan lapisan berbahan kulit.  Bahan kulit tersebut memberikan rasa nyaman saat ponsel ini dipegang. Rasa licin pun sama sekali tidak terasa saat perangkat ini digunakan.
Pada bagian belakang ponsel, Samsung memasang kamera berresolusi 16 megapiksel. Teknologi autofocus yang dibenamkan pada kamera tersebut mampu membidik obyek hanya dalam waktu 0,3 detik dengan high dynamic range (HDR) yang baik.
Selain mampu membidik secara cepat, teknologi yang dibenamkan memungkinkan pengguna untuk mengatur fokus sehingga menghasilkan gambar sesuai dengan keinginan. Terdapat fitur Selective Focus untuk memusatkan lensa pada area yang spesifik. Ada dua pilihan di fitur Selective Focus, yakni near focus dan far focus.  
“Menggunakan fitur Selective Focus, pengguna akan mendapatkan efek depth of field atau blur di bagian belakang atau bagian depan objek," tambah Silvy.
Sebagai pembeda dengan ponsel lain, Samsung memberikan fitur tambahan pada Galaxy S5, yaitu Heart Rate Sensor. Fitur tersebut merupakan pengukur denyut jantung yang ditanamkan di bagian belakang ponsel. menggunakan sistem sensor, pengguna cukup menempelkan jari telunjuk untuk mengukur kecepatan detak jantung.
“Ini adalah fitur baru yang diperuntukkan untuk mendukung kontrol kesehatan pemilik ponsel,’’ kata Silvy.
Sedangkan kinerjanya, perangkat ini ditenagai dengan mesin yang memiliki tenaga prosesor Octa- Core. Prosesor tersebut dibagi dua yaitu Quad-Core berkecepatan 1,9 GHz dan Quad-Core berkecepatan  1,3 GHz, yang dibantu dengan memori RAM berkapasitas 2 GB. Sedangkan untuk memori internalnya, Samsung memberikan wadah seluas 16 GB yang bisa diekspansi menggunakan microSD card hingga 64 GB.
Selain itu perangkat ini mendukung operating sistem Android 4.4.2 KitKat. Sedangkan koneksifitas yang diusung adalah Wi-Fi, Bluetooth, Near Field Communication (NFC), dan IR remote. (vik/fia)