Seagate Geber Drive 6 TB Tercepat di Dunia

Seagate Technology meluncurkan hard disk drive (HDD) 6TB yang diklaim paling cepat di dunia dan diberi nama Seagate Enterprise Capacity 3.5 HDD v4. Perangkat ini pun dikatakan sebagai lompatan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh infrastruktur data scale-out dengan menyediakan kapasitas penyimpanan super besar dan dilengkapi fungsi-fungsi enterprise untuk bisa memenuhi kebutuhan data center korporasi dan berbasis cloud. Menurut Scott Horn, Vice President Divisi Marketing Seagate, pertumbuhan data tidak terstruktur berlipat ganda setiap tahunnya.
Termasuk akan menyebabkan data digital yang tersimpan mencapai 16 Zettabyte pada awal tahun 2017. Hal ini akan menyebabkan penyedia jasa layanan cloud mencari cara-cara inovatif untuk menyimpan data dengan memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada sambil terus menekan biaya operasional. Enterprise Capacity 3.5 HDD v4 memiliki kecepatan transfer data yang lebih kencang berkat platform generasi kedelapan yang memungkinkan drive ini berlari lebih kencang 25 persen dibanding drive 6TB lainnya.
 “Sistem TwinPro baru dari Supermicro, lini SuperServer, serta solusi SuperStorage yang baru seluruhnya memiliki dukungan SAS 3.0 12Gb/s yang terintegrasi sehingga mampu memberikan akses penuh dan langsung ke kinerja serta kapasitas maksimum yang dimiliki oleh HDD 6TB 12Gb/s kelas Enterprise Seagate ini,” kata Wally Liaw, Vice President Sales divisi internasional di Supermicro. Lini drive yang memiliki kapasitas 6TB, Enterprise Capacity 3.5 HDD v4 mampu memberikan densitas kapasitas tertinggi yang diperlukan untuk menyimpan data tidak terstruktur dalam HDD berukuran 3.5 inci.
Mendukung densitas simpan data per meter persegi yang paling tinggi di industri, drive ini diumbar memiliki kapasitas 50 persen lebih tinggi dari drive nearline generasi sebelumnya (4TB). Dengan kecepatan 7200-RPM, teknologi ramp load, dan sensor kelembaban, drive ini disebut-sebut mampu memberikan kinerja optimal walaupun ditempatkan di lingkungan yang tidak bersahabat, termasuk mengoptimalkan penggunaan listrik karena memenuhi standar T10 dan T13, yang dapat menghemat daya sampai 90 persen. (dk/mar)