One Max, Phablet Pertama HTC

MALANG – Strategi vendor menelurkan ponsel berukuran jumbo juga diikuti oleh HTC. Melalui produknya HTC One Max, perusahaan asal Amerika ini menciptakan perangkat dengan layar yang didesain berukuran 5.9  inci. “Ini merupakan produk phone tablet (phablet) pertama yang diusung HTC,” kata Head Store Erafone Mall Olympic Garden (MOG), Tri Hermawan kepada Malang Post. Sebelumnya, HTC hanya menciptakan ponsel berukuran standar, dengan layar antara 5 inci.  Kehadirannya pun mengundang penasaran banyak orang.
Terutama mereka yang mencintai produk HTC, bertanya-tanya tentang spesifikasi perangkat yang mengusung operating sistem (OS) Android 4.3 Jelly Bean dengan HTC Sense tersebut.  Sekilas, Tri menjelaskan spesifikasi yang diusung HTC One Max tidak berbeda dengan HTC One. Yakni perangkat ini dibekali dengan chipset milik Qualcomm Snapdragon 600, prosesor  Quad-Core 1,7 GHz.
Sementara untuk grafisnya juga didukung dengan GPU Adreno 320. Kinerja ponsel ini diyakini sangat cepat, lantaran HTC menyupportnya dengan memory RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan untuk urusan fotografi, HTC juga membenamkan lensa 4 megapiksel dengan sensor yang sama dengan HTC One pada perangkat ini.  Namun begitu, meski banyak spesifikasi yang sama bukan berarti kemudian tidak ada yang berbeda.
Selain layar, fitur lain yang membuat perangkat ini berbeda dengan HTC One adalah finger print yang disematkan HTC pada bagian layar. Fungsinya untuk membuka kunci pada layar. Fitur finger print sendiri kali pertama dikenalkan Apple melalui produk iPhone 5S, selanjutnya diterapkan HTC pada perangkat ini. Fitur ini memberikan efek keamanan ekstra pada perangkatnya.  Kelebihan lain pada perangkat ini, lanjut Tri adalah tampilannya yang sangat elegan.
Memiliki bentuk yang mirip dengan HTC One, HTC One Max dibungkus bahan premium dengan menggunakan aluminium, dengan loudspeaker stereo BoomSound di bagian depan. Perangkat ini juga dilengkapi dengan slot memori eksternal micro SD. Artinya, meskipun HTC telah memiliki memori internal cukup besar yaitu 16 GB, bisa diperluas hingga 32 GB menggunakan memory eksternal. (vik/mar)