Jam Tangan Pintar untuk Smartphone

MALANG – Sony telah merilis smartwatch terbarunya yakni Sony SmartWatch 2. Perangkat ini sudah beredar luas, termasuk di pasar gadget Malang Raya. Mengusung bentuk yang trendy, membuat perangkat ini bisa dipilih sebagai pasangan dari smartphone.
Marketing Gagdet Corner, Plaza Dieng Nur Miftakhul Janna menjelaskan, Sony SmartWatch 2 bukanlah jam tangan biasa. Perangkat ini mampu terkoneksi dengan ponsel pintar, baik melalui media koneksi Bluetooth maupun Near Field Communication (NFC).   
Koneksifitas tersebut tidak sekedar mampu menerima notifikasi berbagai aktifitas ponsel yang tersambung. Namun perangkat ini juga mampu menerima telepon, sekalipun ponsel yang terkoneksi berada di dalam tas ataupun di ruang lain.
 “Ini salah satu kelebihan dari Sony SmartWatch 2. Jika pada seri yang lama, hanya mampu menerima notifikasi saja, baik telepon, SMS, maupun email atau notifikasi media sosial, sementara untuk menjawab notifikasi tersebut  tetap menggunakan ponsel yang terkoneksi,’’ urai gadis yang akrab disapa dengan nama Miftha ini.
Bukan itu saja, sekalipun hadir dengan brand Sony, namun perangkat ini juga mampu terkoneksi dengan produk selain Sony. Tentunya, perangkat dimaksud adalah yang kompatibel. “Untuk koneksifitas melalui Bluetooth versinya adalah 3.0 atau NFC. Ponsel apa saja bisa jika mendukung salah satu dari dua koneksifitas tersebut,’’ tambah wanita berjilbab ini.
Selain sebagai notifier, SmartWatch 2 juga berfungsi sebagai remote control dari smartphone. Melalui SmartWatch pengguna dapat mengontrol musik yang sedang diputar di smartphone, menangani panggilan telepon, memotret secara remote, mengontrol presentasi menggunakan aplikasi Presentation Pal, dan lainnya.
Yang tak kalah penting, dikatakan Miftha SmartWatch 2 juga memiliki fungsi yang berdiri sendiri. Misalnya dengan aplikasi seperti Runtastic, pengguna dapat memetakan dan melacak aktivitas fitness-nya. Melalui aplikasi mapping tersebut pengguna juga dapat melihat rute yang telah dilalui saat jogging atau bersepeda. Selain itu pengguna juga dapat membaca email yang telah diunduh sebelumnya tanpa terkoneksi ke smartphone.
Tidak hanya itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan sertifikat IP57. Sertifikat tersebut menunjukkan jika perangkat ini tahan air. Namun begitu, keterangan tahan air yang dimaksudkan hanya pada cipratan atau guyuran saja. Ini jelas berbeda dengan ponsel Sony seri Xperia Z, Z1 atau Z2, yang mampu digunakan untuk menyelam. “Dari keterangannya perangkat ini tidak mampu menahan tekanan air saat digunakan berendam. Sehingga pengguna yang hobi berenang
wajib melepaskan jam tangan ini, sebelum nyemplung ke kolam renang,’’ tambah Miftha.
Sementara itu untuk desainnya, perangkat ini terlihat sangat trendy dilengkapi layar berwarna berdimensi 1,6 inci. Dengan resolusi 220 x 176 piksel, SmartWatch ini terlihat gagah. Ditambah dengan tali yang melingkar, Sony memberikan banyak variasi. “Talinya macam-macam, disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mereka yang hobi olah warna bisa menggunakan tali berbahan nilon, sedangkan yang ingin tampil resmi bisa menggunakan tali berbahan karet,’’ tambah wanita ini.
“Seperti ponsel, baterai pada perangkat ini dapat diisi ulang. Ada koneksifitas micro USB untuk pengisian ulang baterai. Pengguna juga tidak perlu khawatir, karena saat baterai diisi penuh, perangkat ini mampu bertahan hingga tiga sampai empat hari untuk penggunaan normal. Jika penggunaannya di bawah normal atau jarang, umur baterai bisa mencapai lima sampai enam hari,’’ tandasnya.(vik/ary)