Tablet 8 Inci Jadi Primadona Pasar

Terjadi pergeseran di pasar tablet. Semula tablet 7 inci menjadi primadona pasar dan banyak diminati konsumen, kini digantikan dengan tablet yang ukurannya lebih ideal, yakni 8 inci. Menurut Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan, tablet 8 inci menjadi primadona baru di pasar karena ukuranya lebih pas dan lebih ideal, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Untuk menjalankan berbagai aplikasi dan komputasi, ukuran 8 inci dinilai lebih nyaman bagi penggunanya.
Apalagi setelah maraknya phone tablet (phablet), smartphone berukuran 5 hingga 6 inci, keberadaan tablet 7 inci dianggap kian redup popularitasnya. Tak heran jika fenomena ini ditangkap oleh hampir semua vendor untuk memproduksi tablet 8 inci, termasuk Advan. Vendor merek lokal ini melihat, untuk saat ini tablet ukuran 8 inci menjadi pilihan utama. “Sekarang ini tablet yang diminati konsumen adalah tablet berukuran 8 inci,” ungkapnya.
Advan sendiri punya perangkat jagoan di segmen tablet 8 inci, yakni Vandroid T5C yang. Menurut Tjandra, sejauh ini penjualannya terbilang menggembirakan. Dari target yang dicanangkan yakni 60-90 ribu unit pada kuartal pertama 2014, sudah mendekati angka yang ditargetkan. “Penjualan Vandorid T5C sudah tembus sekitar 80 persen. Angka ini sekaligus mematahkan issue bahwa pasar tablet sedang stagnan. Serapan pasar masih positif dan bergairah,” tegasnya.
Vandroid T5C sendiri dilengkapi dengan layar QHD (1024 x 768) In Place-Switching (IPS). Sistem operasinya adalah Android Jelly Bean, dan sudah dilengkapi prosesor Quad Core, memori internal 8 GB, RAM 1 GB, dan punya opsi external storage hingga 32 GB. Adapun kamera belakangnya dibekali 8 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel. (dk/mar)