S Pen Dukung Fitur Air Command

MALANG –  S Pen menjadikan Samsung Galaxy Note 3 Neo memiliki nilai jual lebih tinggi. Itu karena S Pen bukan sebagai aksesori pendukung biasa, yang hanya memiliki fungsi creative dalam urusan menggambar.  Namun kehadirannya benar-benar menjadi pendukung fitur utama, yaitu Air Command-nya. Customer Service Erafone Mall Olympic Garden (MOG), Ayu Wahyu menjelaskan, fitur Air Command dapat berfungsi secara otomatis hanya dengan menekan tombol S Pen secara dekat dengan layar Galaxy Note 3 Neo.
“Ada lima fitur pada menu Air Command,” kata wanita bertubuh mungil ini. Yang pertama yakni Action Memo. Menu ini sebetulnya sudah ada pada Samsung Galaxy Note 3. Dan pada fitur ini memungkinkan pengguna untuk menulis tangan pada Note 3, dan secara otomatis mengeksekusi sebuah fungsi atau mengalihkan tulisan tangan tersebut menjadi format teks.   “Menelpon contohnya, pengguna tinggal menuliskan nomor telepon pada layar, selanjutnya ponsel secara berubah format panggilan,” kata wanita asal Pakis, Malang ini.
Sedangkan menu kedua adalah Scrapbook. Pada menu ini, dijelaskan,  memungkinkan pengguna menyusun dan menyusuri konten dan informasi dari berbagai sumber seperti web, YouTube, dan gallery dalam satu tempat selayaknya fungsi scrapbook sesungguhnya. Dengan scrapbook tentunya pengguna dapat menyimpan langsung sumber yang sekiranya dibutuhkan kemudian hari untuk pengerjaan project.
“Ketiga adalah menu Screen Write yang dapat menambahkan catatan atau komentar pada gambar yang diambil baik itu langsung dari foto maupun gambar hasil capture,” terangnya. Selanjutnya adalah menu S Finder yang memungkinkan pengguna untuk mencari konten-konten yang terdapat dalam Note 3 Neo hanya dengan memasukkan kata kunci seperti tanggal, lokasi, dan jenis konten.
Menu terakhir adalah Pen Window memungkinkan pengguna menggunakan S Pen untuk membuka aplikasi windows untuk pengalaman multitasking yang sebenarnya. Cukup dengan menggambar  jendela dalam berbagai ukuran pada layar, pengguna dapat dengan mudah dan cepat membuka berbagai aplikasi window seperti YouTube, kalkulator, atau browser tanpa harus menghentikan apa yang tampak di layar.  Selain S Pen dengan menu Air Commandnya, Ayu juga mengatakan ponsel seharga Rp 6 jutaan ini juga memiliki fitur andalan lainnya.
Diantaranya S Voice, Air Gesture, TV Out via MHL A/V dan berbagai fitur Android lainnya. “Perangkat ini lain daripada yang lain karena mendukung fungsi dual SIM. Ini merupakan ponsel pintar kelas premium pertama besutan Samsung yang dibekali dengan port dual SIM,” pungkasnya. Samsung Galaxy Note 3 Neo ini bekerja dengan Quad Core berkecepatan 2,3 GHz yang berkolaborasi dengan memory RAM RAM 3 GB. (vik/mar)