Dell E1913S Utamakan Bentuk Tampilan

MALANG – Perkembangan zaman menuntut pabrikan elektronik untuk berinovasi, menciptakan produk yang mumpuni. Tidak terkecuali Dell. Perusahaan yang cukup getol dengan produk notebooknya ini juga menelurkan berbagai seri monitor jenis LED. Salah satu produk besutannya adalah Dell E1913S. Monitor ini banyak dilirik pasar, lantaran memiliki spesifikikasi yang berbeda dibanding produk lainnya.
Marketing Quality Computer Plaza Dieng, Rini Supriatin mengatakan, Dell E1913S hadir dengan luas layar 19 inci. Monitor ini memiliki fisik yang sederhana. Selain mengutamakan bentuk kotak, DELL juga tidak banyak memberikan tombol pada perangkat ini.  Meskipun memiliki bentuk yang sederhana, Dell E1913S ini memiliki tampilan layar yang cukup ciamik. Mendukung 16.7 juta warna dan teknologi SXGA, layar perangkat ini mampu menciptakan resolusi 1280 x 1024 piksel.
Tampilan tersebut, memberikan rasa nyaman pada mata. Sinar yang terpancar sama sekali tidak membuat mata yang memandangnya sakit.  Namun begitu, perangkat ini yang berbeda justru rasio atau ukuran layar. Menurut Rini, perangkat ini mendukung rasio 4:5. Rasio tersebut jarang digunakan, pada perangkat monitor. Umumnya, vendor menanamkan rasio 16:9, atau bentuk monitor lebih melebar. “Dukungan rasio 4:5 meminimalisir distorsi untuk tampilan foto, sehingga memudahkan untuk proses editing,” katanya.
Dia mengatakan dengan dukungan rasio tersebut  perangkat ini cocok untuk para pekerja foto, atau fotografer atau desainer. Rasio yang tertanam ini juga memungkinkan pengguna melihat tampilan layar lebih luas. Tidak main-main, Rini mengatakan tampilan gambar tetap terlihat jelas meskipun dilihat pada sudut 170 derajat di angle horizontal dan atau 160 derajat di angle vertical.  
“Hadir dengan dimensi yang sederhana, perangkat ini bisa ditempatkan dimana saja. Pengguna bisa meletakkan perangkat ini di meja kamar, atau ruang kerja tanpa perlu ribet memakan tempat,’’ urai wanita berjilbab ini. Selain itu, perangkat ini juga mengkonsumsi daya sangat kecil. Yaitu hanya 22 watt. Pengguna juga bisa menyambungkan perangkat ini dengan televisi menggunakan kabel VGA yang disertakan pada paket penjualan. (vik/mar)