Kamera 16 Megapiksel, Samsung Janjikan Kepuasan

MALANG –  Berbekal kamera 16 megapiksel sebagai kamera utama, Samsung meyakini Galaxy S5  akan sukses diterima di pasar gadget. Salah satu alasannya adalah lensa utama kamera yang tertanam memiliki aperture 1/2.6. Adanya teknologi sensor 1.12 Ultra megapiksel pada lensa pun kian menjanjikan hasil jepretan perangkat ini sangat memuaskan, bahkan bisa disandingkan dengan hasil foto kamera profesional. “Kamera yang tertanam mampu menjepret foto dengan resolusi tinggi yaitu 5312 x 2988 piksel,” kata Supervisor Oke Shop, Fendy Eko Darmanto kepada Malang Post.
Dia mengaku Samsung bukan satu-satunya vendor yang menerapkan sensor ultra megapiksel  pada perangkatnya. Sebelumnya, teknologi tersebut telah ditanamkan HTC pada perangkat seri One Max nya. Hanya saja, seri kekuatan lensa HTC One Max hanya 4 ultra megapiksel, sehingga resolusinya pun lebih kecil yaitu 2688 x 1520 piksel. Selain memiliki lensa berkekuatan utra megapiksel, kelebihan lain dari Galaxy S5 adalah, dua kameranya yaitu depan dan belakang mampu menjepret secara bersamaan.
Teknologi ini sebetulnya sudah ditanam Samsung pada Samsung Galaxy S4 nya. Hanya saja bedanya, pada Galaxy S5 Samsung menambahkan teknologi multishot. Artinya, kedua kamera ini bisa digunakan berkesinambungan secara bersamaan.  Selain itu, Samsung juga membekali kamera ponselnya ini dengan fitur simultaneous HD video dan  image recording. “Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan perekaman atau menjepret foto secara berkesinambungan,” paparnya.
Meskipun tidak dijelaskan jumlah foto yang bisa diambil dalam satu jepretannya, tapi yang jelas hasil jepretannya sangat memuaskan.  Terpenting lagi adalah perangkat ini juga mendukung fitur Face and Smile Detection. “Secara otomatis kamera akan mendeteksi wajah atau bibir yang sedang tersenyum dari objek yang difoto,” terangnya sembari mengatakan perangkat ini  juga mendukung S-Voice, Smart Stay, Smart Pause dan Smart Scroll. Samsung juga menyediakan penyimpanan dropbox seluas 50 GB. Perangkat  ini juga mendukung fitur Air Gesture.
“Beberapa fitur memang mengadopsi dari seri Samsung sebelumnya yaitu Galaxy S4.  Kalaupun ada yang baru adalah perangkat ini telah dibekali dengan sertifikat IP67, dan Rate Heart Sensor (RHS). IP67 merupakan sertifikat yang menunjukkan perangkat ini mampu tahan dalam tekanan air, sedangkan RHS adalah sensor untuk menghitung detak jantung,’’ kata pria bertubuh sedang ini. Sementara secara keseluruhan, perangkat ini berjalan dengan sistem operasional Android 4.4.2 KitKat. Samsung Galaxy S5 juga dibekali dengan layar seluas 5,1 inci. Panel layarnya mengusung teknologi Super AMOLED dengan kualitas Full HD. (vik/mar)