Opera Mini 8 Lebih Ramah Pengguna

MALANG  -  Kemajuan teknologi menuntut para developer untuk melakukan pengembangan terhadap software buatannya. Tidak terkecuali Opera Mini. Melalui versi terbarunya, yakni versi Opera Mini 8, pihak developer menjanjikan tampilan opera mini lebih baik untuk perangkat Java dan BlackBerry. Hal ini kemarin dikatakan oleh Cooperate Communications Manager Opera Software ASA, Agnes Agastia, saat melakukan media gathering di Padi Resto kemarin (24/4). Kepada wartawan, Agnes mengatakan Opera Mini 8 akan memberikan pengalaman berinternet yang lebih baik pada perangkat feature phone dan BlackBerry.
“Software Opera Mini 8 dibuat khusus untuk basic phone dengan platform Java,’’ kata Agnes yang mengatakan pengguna Opera Mini 8 saat ini mencapai 350 juta, dan setiap bulannya Opera Mini 8 ini diakses oleh lebih dari 250 juta pengguna feature phone.
Dikatakan oleh Agnes, untuk versi terbarunya ini, Opera Mini 8 datang dengan tampilan baru. Tampilan baru tersebut diantarannya adalah halaman Speed Dial, yang dirangcang lebih segar.
“Speed Dial merupakan salah satu fitur Opera paling populer, yang fungsinya untuk navigasi cepat ke situs favorit,’’ kata Agnes yang mengatakan, halaman Speed Dial sendiri dirancang sangat sederhana, sehingga pengguna pun mudah untuk menggunakan,’’ urai wanita asal Jakarta ini.
Selain halaman yang lebih segar, Opera Mini 8 juga hadir dengan fitur baru. Diantarannya adalah Night Mode dan Private Mode. Night Mode dijelaskan wanita berambut panjang ini adalah memungkinkan pengguna berselancar di dunia maya dengan layar yang lebih redup, sehingga membuat mata tetap nyaman meskipun internetan di ruang yang gelap.
“Untuk masuk ke medu Night Mode ini, pengguna tinggal masuk ke menu pengaturan , sangat mudah dan sangat sederhana,’’ katanya.
Sementara fitur private mode, dijelaskan Agnes memberikan kebabasan kepada pengguna saat mengakses berbagai aplikasi, tanpa khawatir diketahui orang lain. “Contohnya pengguna baru saja membuka aplikasi Facebook, kemudian seorang teman meminjam ponsel. Pengguna hanya perlu menutup saja, tab private secara otomatis bekerja dan menutup aplikasi Facebook, dan bisa membukanya kembali setelah ponsel dikembalikan,’’ kata Agnes.
Kelebihan lain pada Opera Mini 8 ini adalah, tampilnya Mode Daya dan Data yang lebih hemat. Pengguna tidak perlu memperhatikan seberapa banyak data yang telah dihabiskan dalam berselancar di dunia maya. Karena dengan halaman hemat data yang baru, memungkinkan pengguna melakukan monitoring data, dan menyesuaikannya.
“Semua pemakaian internet dapat di kompres hingga 90 persen. Sehingga penggunaan data pun lebih hemat, dan lebih murah. Tentunya, juga lebih cepat,’’ tandas Agnes, yang mengatakan tampilan baru Opera Mini 8 ini memberikan kenyamanan kepada pengguna saat berselancar di dunia maya. (vik/fia)