OPPO Joy, Smartphone Penerus Muse

MALANG – OPPO tidak hanya serius dengan ponsel kelas premium. Terbukti, beberapa waktu lalu, OPPO juga menciptakan ponsel kelas middle low. Adalah OPPO Joy. Perangkat yang hadir awal April ini dibanderol dengan harga Rp 1.6 jutaan.
Secara spesifikasi dan tampilan, Oppo Joy tidak ubahnya ponsel Android sekelas lainnya. Hanya saja, perangkat yang menjadi penerus OPPO Muse ini telah dilengkapi dengan aplikasi ColorOS, yang membuat perangkat ini memiliki nilai tawar yang cukup bagus di pasaran.
ColorOS merupakan aplikasi yang dikembangkan OPPO, dengan acuan Operating Sistem (OS) 4.2 Jelly Bean. ColorOS ini memiliki beberapa fitur, diantarannya Glove Mode, Off Gesture, Guest Mode, Multi Finger, dan Security Sistem.
“OPPO Joy dibekali dengan OS 4.2.2, dan sudah mampu menjalankan aplikasi ColorOS. Sementara OPPO Muse belum,’’ kata Promotor OPPO, Yusuf Wibisono.
Pria yang bertugas di Mall Olympic Garden (MOG) ini menjelaskan, secara spesifikasi sebetulnya tidak banyak perbedaan antara OPPO Joy dan OPPO Muse. Perangkat ini memiliki desain stylish dengan ciri khas sudut body membulat. Oppo Joy mengusung layar berukuran 4 inchi dengan resolusi WVGA 480x800 piksel.
Perangkat ini juga dibekali dengan prosesor dual core ARM cortex A7 yang memiliki kecepatan olah sistem 1,3 GHz. Hanya saja cukup disayangkan karena RAM-nya masih 512 MB dan menggunakan pengolah grafis yang terbilang lawas yaitu Mali 400.  
Di sektor fotografi, OPPO Joy dipersenjatai dengan kamera beresolusi 3 megapiksel. Bedanya dengan OPPO Muse, kamera pada OPPO Joy dilengkapi dengan LED Flash, yang memungkinkan pengguna memotret di tempat minim cahaya.
“LED Flash membantu pencahayaan. Sehingga hasil gambar akan lebih optimal saat berada di ruang yang minim cahaya,’’ kata pria berkacamata ini.  Sedangkan di bagian depan, perangkat ini dibekali dengan kamera VGA. Meskipun hasilnya tidak maksimal, namun kehadirannya memudahkan pengguna untuk melakukan video chat.
Sementara untuk memory internalnya, OPPO Joy tidak berbeda dengan OPPO Muse. OPPO hanya menyediakan wadah seluas 4 GB saja. Pengguna yang ingin melakukan penambahan bisa menggunakan MicroSD dengan kapasitas hingga 32 GB.
“OPPO Joy merupakan ponsel dual SIM, salah satunya mendukung jaringan 3G HSDPA,’’ kata pria ini sembari mengatakan jaringan 3G HSDPA tersebut memberikan efek kecepatan saat pengguna melakukan browsing atau berselancar di dunia maya. Sedangkan koneksifitas lainnya, perangkat ini telah mendukung WiFi, GPS, dan Bluetooth. Semua aktifitas perangkat ini disokong dengan baterai berkapasitas 1700 mAh.(vik/fia)