Digital Society Hadir di Kabupaten Malang

MALANG – Setelah Kota Malang dan Kota Batu, PT Telkom melakukan launching Digital Society di Kabupaten Malang. Launching program berbasis teknologi informasi dengan mengintegrasikan seluruh komponen ekosistem masyarakat dan pemerintahan Kabupaten Malang ini rencananya dilakukan hari ini (29/5) di Pendopo Kabupaten Malang.  
General Manager PT Telkom Witel Jatim Selatan, Edwin Aristiawan menjelaskan, Digital Society merupakan program Mahakarya PT Telkom untuk Indonesia. Program ini dibentuk untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan dunia usaha serta menciptakan pengelolaan pemerintah yang lebih efektif.
“Dalam jangka panjang implementasinya akan berdampak sangat signifikasi bagi pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Malang,’’ katanya.
Ia melanjutkan, realisasi dalam program ini adalah Telkom menyediakan telepon rumah kepada masyarakan dan pemerintah Kabupaten Malang, menyediakan layanan atau jaringan internet (Speedy) dan menyediakan infrastruktur berupa BTS yang berjalan di jaringan 2G dan 3G.
Selain itu, Edwin menjelaskan ada empat unsur yang dibangun dalam layanan Digital Society ini, yaitu IndiGoverment, Indischool, IndiFinance, dan IndiPreneur. Empat unsure tersebut semuanya sudah berjalan, seperti Indishool. Indischool ini diwujudkan PT Telkom dengan membangun Akses Point (AP) WiFi ID di sejumlah sekolah. Secara keseluruhan (Malang Raya) Edwin menyebutkan angka 1700 AP WiFi ID yang terpasang.  
“Kabupaten sudah ada 700 AP yang terpasang. Selain di sekolah-sekolah AP ini juga terpasang di sejumlah fasilitas umum, dan area perkantoran di Kabupaten Malang,’’ kata Edwin.
Selain program Digital Society, PT Telkom juga akan mengenalkan program barunya, yakni Rumah Digital. Program baru ini, pihak PT Telkom bekerja sama dengan REI Jatim. Program ini memiliki manfaat, diantarannya menikmati akses internet berkecepatan tinggi, menikmati layanan hiburan dan pebelajaran secara mudah dan cepat, serta mewujudkan konsep rumah pintar bagi masyarakat Kabupaten Malang.(vik/fia)