Telkom Resmikan Kabdiso

MALANG – Launching program Kabupaten Digital Society (Kabdiso) kerja sama antara Kabupaten Malang dengan Pemerintah Kabupaten Malang kemarin (29/4) berlangsung cukup meriah. Selain dihadiri para pejabat Kabupaten Malang dan Direksi PT Telkom Witel Jatim Selatan, kegiatan kemarin juga dihadiri oleh sedikitnya 50 siswa SMAN 1 Kepanjen. Kedatangannya tidak sekedar menghadiri undangan, tapi sekaligus juga menerima bingkisan dari PT Telkom. “Bingkisan kami berikan sebagai pengguna, penggunaan WiFi ID terbanyak,’’ kata General Manager PT Telkom Witel Jatim Selatan Edwin Aristiawan.
Kepada para undangan, Edwin mengatakan jika sudah ada 140 an sekolah di Kabupaten Malang terpasang WiFi ID. “WiFi ID merupakan salah program Indonesia Digital Sosiety (Indiso), yang menjadi program Mahakarya PT Telkom untuk Indonesia,’’ katanya.
Edwin mengatakan Kabdiso merupakan sebuah framework yang berbasis teknologi informasi yang mengintegrasikan seluruh komponen ekosistem masyarakat dan pemerintah Kabupaten Malang, dalam rangkat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan dunia usaha serta menciptakan pengelolaan pemerintahan yang lebih efektif, dalam jangka panjang. Implementasi program ini diyakini sangat signifikan terutama bagi pertumbuhan perekonomian Kabupaten Malang.
Dalam program ini Telkom telah merealisasikan dukungannya, dengan program WiFi ID. Pemasangan Akses Point WiFi ID ini lebih diutamakan di sekolah-sekolah, dan beberapa fasilitas umum.
“Untuk IndiPreneur, kami merealisaikannya dengan menyediakan Website untuk UMKM di alamat www.smartbisnis.com yang dapat dimanfaatkan sebagai market place UMKM untuk go internasional. Selain itu realisasi dukungan Telkom grup pada layanan ini adalah memberikan pelatihan IT dan marketing online UMKM,’’ tambahnya.
Edwin juga mengatakan Kabdiso ini memiliki peran dimana seluruh infrastruktur jaringan internet broadband dan aplikasi teknologi informasi yang telah ada di Jember ini digunakan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Selain itu Telkom juga terpanggil untuk proaktif menjadi yang terdepan dalam melayani Government Digital Society (G-DiSo) di Indonesia yang tumbuh pesat sejalan dengan trend global.
Sementara itu Bupati Malang, Rendra Kresna menyambut positif launching program Kabdiso ini. Tidak main-main, lantaran program ini demi kemajuan Kabupaten Malang ke depannya, pihaknya pun meminta PT Telkom juga melakukan pemasangan AP WiFi ID di seluruh Kecamatan Kabupaten Malang.
“Intinya agar semua pejabat di Kabupaten Malang ini mulai dari tingkat desa, Kecamatan hingga Kabupaten Malang melek internet, dan tidak ketinggalan segala bentuk informasi,’’ katanya.  Dia pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak PT Telkom yang cukup pro aktif dalam membangun wilayah Kabupaten Malang terutama dalam layanan broadband. (vik/fia)