OS Asus Lampaui Samsung Grand

MALANG–Setelah mengenalkan beberapa varian tablet, Asus mulai mengenalkan produk ponsel pintarnya kepada masyarakat. Asus yang sebelumnya getol merancang teknologi netbook. Kali ini membanjiri pasar dengan tiga varian sekaligus untuk produk ponselnya.
Antara lain Asus Zenfone 4, Asus Zenfone 5, dan Asus Zenfone 6. Tiga varian ponsel ini dipastikan beredar pada pertengahan Mei mendatang. Hal itu dijelaskan tim Leader Erafone, Arie Kurnianto, yang menegaskan bahwa Asus memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk ponsel lokal.
Seperti Asus Zenfone 4. Ponsel yang rencananya dibanderol dengan harga Rp 1.099.000, dibekali dengan layar 4 inci. Tidak seperti ponsel lokal kebanyakan yang mengandalkan layar jenis LCD TFT, Asus justru memilih material layar jenis LED Backlit, lengkap dengan perlindungan Gorilla Glass 3. Dengan begitu sudah bisa dipastikan tampilan layar perangkat ini lebih ciamik sekaligus dan irit daya, dan tahan akan berbagai goresan kecil.
Untuk kinerjanya, ponsel murah ini cukup bisa diandalkan. Itu karena Asus memasang prosesor Intel Atim Z2520, dengan kecepatan 1.2 GHz, yang dipadu dengan memory RAM 1 GB. Sedangkan memory internalnya, perangkat ini memiliki wadah 8 GB. “Asus juga menyediakan ruang seluas 5 GB di Asus WebStorage. Ruang tersebut disediakan secara gratis seumur hidup,’’ kata Arie, yang mengatakan jika ponsel berdimensi 124.4 x 61.4 x 6.3 mm ini berjalan dengan operating sistem Android 4.3 Jelly Bean, yang dapat diupgrade ke Android 4.4 KitKat.
Sementara urusan fotografi, perangkat ini dilengkapi dengan dua kamera sekaligus. Kamera belakang, Asus menempelkan lensa berkekuatan 5 megapiksel. Sedangkan di bagian depan, Asus menanamkan kamera seluas 0.3 megapiksel. Selain itu, perangkat ini juga mendukung port dual SIM, artinya pengguna bisa menggunakan dua SIM Card sekaligus. Kedua port tersebut telah mendukung jaringan 3G.
Sementara untuk Asus Zenfone 5, ponsel ini hadir lebih besar. Pada perangkat dengan 5 pilihan warna ini, Asus membekalinya dengan layar 5 inci. Layar yang ditanam adalah jenis IPS, dengan perlindungan Gorilla Glass 3.
Sama seperti Zenfone 4, pada ponsel berdimensi 148.2 x 72.8 x 5.5 ini, Asus juga menanamkan prosesor jenis Intel Atom. Hanya saja, kecepatan kerjanya berbeda. Jika Zenfone 4 memiliki kecepatan 1.2 GHz, sedangkan prosesor Zenfone 5  memiliki kecepatan 1.6 GHz.
Perbedaan lain dengan Zenfone 4 adalah kameranya. Menurut Arie, Asus menanamkan lensa berkekuatan 8 megapiksel dengan aperture f/2.0 untuk kamera belakangnya. Tidak main-main, Asus juga memberikan lima elemen lapisan lensa sekaligus sehingga hasil foto kamera Zenfone 5 ini lebih terang. Sementara untuk kamera depannya Asus menanamkan lensa berkekuatan 2 MP.
Terakhir adalah Zenfone 6. Seperti namanya, ponsel ini dilengkapi dengan layar seluas 6 inci. Layar yang ditanam  sama seperti Zenfone 5 , yakni jenis IPS dilindungi dengan gorilla glass 3. Kinerja ponsel ini juga disokong dengan prosesor Intel Atom Z2580 dengan kecepatan 2 GHz. Memory RAM 2 GB kian membuat kinerja ponsel yang akan dibanderol dengan harga Rp 3.099.000 ini kian gahar.
Selain memory RAM yang lebih besar, Asus juga memberikan nilai lebih pada sisi kameranya. “Sama seperti  Zenfone 4 dan Zenfone 5, Zenfone 6 juga dilengkapi dengan dua kamera. Kamera belakang mendukung lensa berkapasitas 13 megapiksel. Sedangkan kamera belakangnya didukung dengan lensa berkekuatan 2 megapiksel.
“Ponsel ini juga mendukung beberapa layanan atau aplikasi lain, seperti App Lock, Air Link, Audio Wizard, File Manager, Splendid, SuperNote, dan BlackBerry Messenger yang sudah siap,’’ tandas Arie.(vik/ary)