Telkom Kembangkan Layanan Rumah Digital

MALANG – Rumah Digital menjadi salah satu program andalan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk masyarakat. Program yang diluncurkan sejak akhir tahun 2013 lalu, PT Telkom menawarkan rumah yang semuanya online dari nonton TV, belanja hingga kegiatan sehari-hari lainnya melalui internet.
“Rumah digital merupakan rumah yang di dalamnya dilengkapi dengan perangkat Speedy Home Monitoring (SHM), dimana pemiliknya akan mendapatkan layanan internet berkecepatan tinggi, dan beberapa fasilitas lainnya,’’ terang General Manager PT Telkom Wilayah Telkom (Witel) Jatim Selatan, Edwin Aristiawan usai melaunching program Kabupaten Malang Digital Society beberapa waktu lalu.
Dia juga menjelaskan, rumah digital yang dimaksud merupakan rumah yang memiliki fasilitas internet dengan jaringan fiber optik berkecepatan tinggi. Bukan itu saja, dengan program ini pengguna juga mendapatkan layanan TV interaktif sekaligus dengan berbagai konten seperti layanan portal musik digital dan Home Automation.
Edwin mengatakan, menggunakan rumah digital ini, pemilik rumah tidak perlu khawatir saat meninggalkan rumah. Itu karena Telkom juga menyediakan fasilitas Home Monitoring dan Home Automation. Layanan ini dapat mengontrol kondisi rumah dengan menggunakan gadget, dari menyalakan lampu, televisi hinga membuka tirai jendela.
 “Contohnya pemilik rumah lupa mematikan AC atau lampu. Menggunakan konsep rumah Digital ini AC dan listirik dapat dikontrol, sehingga sangat aman,’’ katanya.
Tentu saja, untuk mewujudkan program ini PT Telkom tidak sendirian. Pihaknya juga bekerja sama dengan para developer serta Bank-Bank yang mencairkan kredit perumahan.
“ Telkom bersama mitra developer secara paralel akan membangun rumah atau hunian yang mengakomodir kebutuhan digital lifestyle,’’ tambah Edwin yang mengatakan pada program ini pihaknya juga menyediakan layanan UseeTV.
Layanan UseeTV sendiri memberikan kesempatan warga untuk melihat siara ulang program televisi. “Dengan UseeTV, pengguna bisa mengakses kembali siaran televisi yang ketinggalan,’’ katanya.
Sekalipun pihaknya mengaku untuk mewujudkan kprogram ini bekerja sama dengan pihak Develover namun bukan berarti masyarakat umum tidak bisa memiliki konsep Rumah Digital ini. Kepada Malang Post, Edwin mengatakan Rumah Digital yang ditawarkan ini bisa dimiliki siapa saja termasuk masyarakat umum. Tentu saja, dia untuk bisa mendapatkan layanan tersebut ada syarat yang harus dipenuhi.
“Untuk mendapatkan layanan atau program ini cukup mudah. Pengguna hanya perlu berlangganan Speedy. Layanan yang didapat pun bisa dipilih sesuai paket. Tapi yang jelas, harga paketnya tidak mahal, karena kami membuka paket mulai Rp 100 ribuan.’’ Tandasnya.(vik/fia)