Tab 3 Hadir Dua Versi

MALANG –   Samsung Galaxy Tab 3 Lite hadir dengan dua versi. Yaitu versi mendukung SIM Card dengan jaringan 3G, dan satu lagi versi WiFi Only. Dua versi tersebut dijual dengan harga berbeda. “Versi WiFi Only jelas lebih murah yaitu Rp 1,7 jutaan, sedangkan untuk yang mendukung SIM Card, dibanderol dengan harga Rp 2,4 jutaan,” kata Customer Service Erafone Malang, Agusti Dewi .  Meskipun hadir dengan harga lebih terjangkau,  dibandingkan dengan versi yang mendukung SIM Card, faktanya peminat Samsung Samsung Tab 3 7 Lite ini tidak banyak.
Sebaliknya, konsumen lebih banyak memilih versi yang mendukung SIM Card, meskipun harganya terpaut Rp 800 ribuan. Alasannya pun jelas, dengan perangkat yang mendukung port SIM Card pengguna akan lebih bebas.  “Menggunakan WiFi Only, pengguna tidak bisa bebas berselancar di dunia maya. Ini yang membuat perangkat yang hanya mendukung WiFi kurang diminati,” katanya. Namun demikian, Dini juga mengatakan secara umum tidak ada perbedaan yang berarti.
Tablet yang dilaunching pada bulan Maret 2014 ini memiliki dimensi 116.4 x 193.4 x 9.7 mm. Secara fisik sama seperti Samsung Galaxy Tab 3 yang dikenalkan pada akhir 2013 lalu. Tablet baru ini juga mendukung layar seluas 7 inci dengan resolusi WSVGA.   Sementara untuk kinerjanya, perangkat ini didukung dengan prosesor Marvel PXA 986 dengan kecepatan 1.2 GHz. Pengguna yang ingin ngegame pun tidak akan kecewa, lantaran gambar yang disajikan akan berjalan mulus.
Sementara untuk penyimpanan internalnya perangkat ini memiliki wadah seluas 8 GB. Pengguna bisa melakukan perluasan menggunakan micro SD Card hingga 32 GB.  Untuk urusan fotografi, perangkat ini mendukung kamera dengan lensa berkekuatan 2 megapiksel. Uniknya, kamera tersebut ditanam hanya di depan saja. Sedangkan di bagian belakang  Samsung tidak membekali tablet ini dengan kamera.
“Kemera 2 megapiksel yang ditanam sudah mendukung fitur seperti Panoramic Photo, Smile Shot dam Shot and Share,” terangnya.  Tablet ini juga mendukung speaker mono untuk pengguna yang ingin mendengarkan musik. Dan baterai yang ditanam adalah berkapasitas 3600 mAh.  “Yang pasti Samsung Galaxy Tab 3 7 Lite ini dilengkapi dengan aplikasi Samsung Link. Aplikasi Samsung Link sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan Samsung,” tegasnya.  (vik/mar)