Lebih Ringkas dengan Spesifikasi Sama

MALANG – Kian banyak vendor menciptakan ponsel versi mini alias memiliki spesifikasi sama namun dimensinya lebih kecil. Todak terkecuali Sony. Beberapa waktu lalu, pabrikan asal Jepang ini menelurkan produk Sony Xperia Z1 Compact. Perangkat baru ini merupakan versi mini dari Sony Xperia Z1 yang lebih dulu dikenalkan Sony kepada masyarakat.
Perangkat baru ini dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 800, quad-core 2,2GHz Krait 400 Adreno 330, yang dipadu dengan memory RAM 2 GB sama seperti sang kakak Sony Xperia Z1.
Bukan itu saja, perangkat ini juga dibekali dengan dua kamera, dimana di bagian belakang Sony menyisipkan kamera beresolusi 20,7 Megapiksel 5248 x 3936p, autofocus, LED flash. Sedangkan di kamera depan, Sony membenamkan lensa berkekuatan 2 Megapiksel.
Kamera belakang dengan kekuatan 20.7 megapiksel ini sudah pasti memberikan hasil foto yang sangat baik. Bahkan saat digunakan di ruang yang minim cahaya. Sebagai tambahan untuk memaksimalkan hasil jepretan, pabrikan menyertakan fitur tambahan seperti superior auto, info-eye, timeshift burst, picture effect, manual, social live, AR effect dan sweep panorama.
“Fitur timeshift pada kamera Sony Xperia Z1 Compat memiliki kinerja yang hampir sama dengan kamera DSLR Profesional. Karena dengan fitur ini kamera akan menjepret 20 frame per detik, sehingga pengguna bisa memilih hasil terbaik, untuk obyek foto bergerak,’’ kata pemilik Karna Jaya Cellular, Badri.
Pria yang mengaku sempat menggunakan ponsel baru besutan Sony ini mengaku terkesan, untuk hasil jepretan kamera ponselnya, yang memberikan warna sangat cemelang dan gambar yang tajam serta jernih, Kelebihan lainnya adalah perangkat ini dibekali dengan tombol shutter khusus untuk menjepret di dalam air.
“Jika menyentuh layar kurang maksimal, biasanya layarnya tidak mau merespon sentuhan jari, sehingga dengan tombol shutter under water, memotret di air pun tak masalah,’’ tambah Badri seraya tersenyum.
Selain itu, Badri juga mengatakan perangkat baru ini Sony juga menyediakan berbagai fitur yang dikembangkan Sony. Yaitu Walkman, PlayStation Mobile, Reader by Sony, TrackID, TrackTV, Smart Connect, dan Xperia Care.
Aplikasi Walkman tentu sudah tak asing karena hampir semua ponsel besutan Sony dibekali dengan fitur ini. Reader berisi eBook yang bisa dibaca saat waktu luang dan ketika perangkat bermasalah, kemudian pengguna bingung mencari jawabannya, bisa mengakses Xperia Care.
Sementara itu, Smart Connect berguna untuk mengatur ponsel saat ia terhubung dengan perangkat lain, dari charger, headset sampai headphone. Misalnya, ketika terhubung dengan headphone, ponsel akan otomatis memutar musik dengan tingkat volume yang nyaman di telinga.
Namun begitu Badri mengatakan sekalipun dibekali dengan berbagai fitur exklusif, tidak semua fitur tersebut dapat digunakan di Indonesia, Seperti PlayStation Mobile dan TrackTV, fitur ini  belum tersedia bagi pengguna di Indonesia. Untuk meningkatkan keamanan, Sony memasang antivirus McAfee yang terintegrasi dengan Facebook.
“Hampir semua spesifikasi yang terdapat pada Sony Xperia Z1 Compact ini sama dengan Sony Xperia Z1. Perbedaan paling mencolok adalah ukuran layar. Jika Xperia Z1 dibekali dengan layar 5 inci, Sony Xperia Z1 Compact dibekali layar 4.7 inci. Lebih kecil, dan lebih pas digenggaman,’’ kata Badri. Selain itu jenis layar yang digunakan pun berbeda. Jika Sony Xperia Z1 menggunakan layar jenis Super HD AMOLED, sedangkan Xperia Z1 Compact hanya dibekali dengan layar jenis In-Plane Switching. Namun begitu, kualitas warnanya tidak berubah, karena sama-sama mendukung 16 juta warna.(vik/fia)